Posted by: Sinaga | 26 May, 2008

Desain Pondasi Tiang Pancang Concrete Spun Pile

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mendesain tiang pancang, disini saya berikan salah satu contoh yang dapat membantu anda dalam desain fondasi tiang pancang. semoga dapat bermanfaat.Download desain fondasi tiang pancang


Responses

  1. Dear Mr & Mrs

    First please allow us to take this opportunity to convey our sincere gratitude for the opportunity to introduce our company PT Asia Global Logistik ( AGL ), which is an Indonesian national ship owner and operator.

    PT AGL was legally established in 2014, although the activities have started and well developed from the previous decades. The company has grown, along with its customers, and now we can offer our clients a complete range of shipping services including:

    1. Full and part-chartered voyage in Indonesia, Singapore, Malaysia, East Timor, Philippines, and Papua New Guinea
    2. Time charter of LCT (500 DWT to 2500 DWT) and Tug & barges (120ft to 330ft) in Indonesia Area
    3. Domestic and international flag ship agency services in Indonesia
    4. Domestic and international ship stevedoring in indonesia
    5. Ship builder, repair, maintenance and docking services
    6. Transportation by Air, Land and Sea
    7. Project and Heavy Lift Cargo Handling

    Please see attached company profiles and brochures for brief explanations of our services and ship particulars.

    As well as the continuous addition and rejuvenation of our fleet, we are constantly improving our work system, services, and vessel specifications. In doing all that, our customers are always on top of our mind. We always strive to provide the best services to give our customer economic benefit, certainty, and peace of mind knowing that their valuable cargo are in good hands and will arrive at destination point in safe and timely manner.

    If you have any shipping inquiries or need more explanations please do not hesitate to contact us. We will be more than glad to discuss and answer your questions.

    We are looking forward to hearing from you soon.


    Best Regard

    Sopian
    Marketing Manager

    PT. ASIA GLOBAL LOGISTICS
    HP : 0812 8119 5626 – 0812 1930 8119
    WA : 0838 7116 8881
    PIN : 550087DC

    OUR SERVICES
    SEA FREIGHT HEAVY EQUIPMENT TRUCKING ERVICES

  2. Dear Rekan ,

    Bagi rekan yang membutuhkan Jasa Expedisi bisa menghubungi kami ,servis kami diataranya :

    1. Jasa Rental Truck Trailer ,Kometo,Mutiexcel,Jacking ,Fuso,tronton
    2. Jasa Sewa kapal Landing Craft tank ( LCT ) ,Tug & Burge ( Tongkang )
    3. Jasa pengiriman barang heavy equipment :
    A. Tiang Pancang
    B. Besi H Bim
    C. Excavator,doser ,Rig

    Apabila ada yang ingin di tanyakan ,bisa menghubungi kami .

    Regard’s

    SOPIAN
    Mobile : 081219308119
    Whatsapp : 083871168881
    PIN BB : 550087DC
    Email : shippingserviceheavyequipment@gmail.com

  3. salam bang sinaga,sy faisal mau tanya ,alternatifnya apa bila pancang spunpile midle setelah dipancang bergeser 15 derajat ?apakah jointnya putus atau patah? mohon di bantu solusinya bang ?

  4. siang pak..
    giman mengetahui kondisi aman tiang pancang baja di lihat dari perbandingan yang tertanam dlm tanah dan yang melayang..?
    trima ksh pak…

  5. Kepada Yth Bapak Sinaga dan teman teman yang lainnya, pertama tama perkenalkan saya rino ngin memperkenalkan DASS (Design Animation Simulation System) adalah jasa untuk pembuatan design konstruksi pabrik, design pelebaran pabrik, pembuatan design dermaga, interior design, berbagai macam design produk, berbagai macam aplikasi struktural dan juga beberapa aplikasi lainnya yang dibutukan oleh customer kami.

    Kamipun menyediakan jasa dalam melakukan analisis baik dalam hal analisis struktural, analisis thermal, analisi flow, dan juga melayani pembuatan animasi 3d untuk perusahaan

    Untuk lebih jelas mengenai jasa yang kami tawarkan dapat menghubungi saya di no telpon 081318730990 atau di 021-92599179
    dan email saya di rinosyaputra@gmail.com

    Atas perhatiannya saya mengucapkan banyak terima kasih

    Salam Hormat

    Rino Syaputra, SE
    DASS ( Design, Animation, Simulation, Sistem )
    Marketing Manager
    081318730990

  6. Selamat sore
    Perkenalkan saya rino syaputra
    Kami ingin memperkenalkan DASS (Design Animation Simulation System) adalah jasa untuk pembuatan design konstruksi pabrik, design pelebaran pabrik, pembuatan design dermaga, interior design, berbagai macam design produk, berbagai macam aplikasi struktural dan juga beberapa aplikasi lainnya yang dibutukan oleh customer kami.

    Kamipun menyediakan jasa dalam melakukan analisis baik dalam hal analisis struktural, analisis thermal, analisi flow, dan juga melayani pembuatan animasi 3d untuk perusahaan

    Untuk Info lebih jelas dapat menghubungi saya di hp 081318730990
    atau email rinosyaputra@gmail.com

    Terima Kasih

    Rino Syaputra
    DASS ( Desaign, Animation, SImulation, SIstem )
    Marketing Manager
    081318730990

  7. maaf pak sinaga,saya minta bantuanya gimana cara buat mall (cetakan) tiang pancang ukuran 20 cm x 20 cm tinggi 4 meter yg sederhana dan hemat .karana di tempat saya sangat sulit transportasi darat maupun sungai kapuas.di perbatasan indo dan malaysia. horas ..mauliate.syalom

  8. Yth. Bp. Sinaga
    Mohon info harga tiang pancang beton diameter 20 cm dan 20 x 20 cm dengan mutu beton K450.
    Demikian, atas perhatian dan bantuannya kami mengucapkan terima kasih.
    PT. Panca Duta Karya Abadi
    email : pdkatimika@ymail.com / timika@pdka.com
    sms Hp 0811499622
    edy

  9. numpang share ya gan….

    Kami Toko Atap Galvalume Spandeck dan Trimdeck,,,,,,,saatnya anda mendapatkan bahan bangunan atap dengan kwalitas yang terjamin dan bermutu,,,,, hanya ada di kami KARUNIA STEEL. Untuk info lanjut silahkan hubungi 0361-7470700 atau buka website kami di http://www.atapgalvalume.com

    thanks,,,,,,

  10. Dengan hormat,

    BISMACINDO, bergerak di Pemasangan & Pengadaan Penangkal Petir Elektrostatis (external protection – kurn, erico, stormaster)

    Sole agent : arrester – internal protection, grounding system, cadweld, spark gap, cathodic

    Distributor : Kabel & Acessories, Jointing, Termination, Scocth

    Terimakasih atas perhatian & kerjasamanya

    Salam,

    Zulkarnaein Mb – 081584114769 Fax – 021 74645309

    zoelkarnaeinjoel@yahoo.com

  11. Salam Kenal Bang!! Mhn saran dan petunjuknya,,untuk pemancangan spun pile pd jetty,,,spek tiang 10 + 10 m joint..setelah dipancang, end bearing pd kedalam 8 meter, untuk kejar cut of pile harus d joint + 10m,,pertanyaan bang…sambungan plat joint tsb tidak capai kedalam tanah..apakah sambungan plat joint tersebut tahan terhadap air laut atau atau tidak bang…dan apakah ada treatment khusus untuk kondisi demikian…mhn pencerahanya bang,,terima – kasih..salam

  12. Bapak Sinaga Yth, ada beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan:
    1. kenapa desain spun pile itu berongga di tengah? apakah karena momen inersianya atau bagaiamana?
    2. apakah tiang pancang beton pada jetty, apakah masih memerlukan katodik protection spt pancang baja?
    terima kasih

  13. bagi teman-teman kontraktor tiang pancang, yang menglami kesulitan dalam Cutting Pile, Baik darat maupun laut bisa menghubungi saya, saya menjual alat potong beton asal swedia

    jika ada pertanyan bisa hub 085397500898

  14. Horas..

    Ingin Belajar Banyak dari bapak..

    Terimakasih

  15. salam kenal, mw tanya klo mw menghitung berapa tulangan yang dibutuhkan pada pondasi bore pile dan mendapatkan dimensi tulangan pokok+geser. sama jarak antar tulangan ini email saya bisa dikirim kesini eleveners31@gmail.com kabarin ya pak lo ud kirim makasih

  16. okkkkk siiiip atas bagi pengalaman

  17. Bapak Lambutan Sinaga Yth,
    Saya ingin bertanya, saat memodelkan tiang pancang pada dermaga kita menggunakan fixity point. yang saya ingin tanyakan bagaimana menghitung kedalaman tiang pancang setelah fixity point tersebut (sekalian minta referensinya Pak)?
    Terima Kasih

  18. Ok, salam kenal juga pak Sinaga

  19. Salam Kenal…Saya Octo Sinaga..GBU

  20. Enter your comment here.Excellent website. Plenty of useful info here. I’m sending it to some buddies ans also sharing in delicious. And certainly, thanks to your sweat!

  21. Selamat Pagi

    Bersama ini kami sampaikan salam perkenalan dari PT. HUME SAKTI INDONESIA. Kami adalah manufaktur dari tiang pancang bulat (Spun Prestressed Concrete Pile) memiliki standar JIS A 5335 dan sudah bersertifikat TKDN dan ISO 9001:2008. Spesifikasi material : ukuran : dia 300 mm – 800 mm, klas A, B & C, panjang 4 m – 15 m ( Lower, Middle dan Upper). Perusahaan kami sudah berdiri sejak tahun 1979 dan merupakan afiliasi dari NIPPON Concrete Jepang, pabrik kami ada di Cakung, Jakarta & Mojosari, Surabaya. Pelanggan dan proyek yang pernah kami tangani antara lain ; infrastruktur (jembatan, jalan tol, dermaga, pelabuhan, lapangan terbang, dll), apartemen, mall/shopping center, gedung perkantoran, power plant, oil, mining & gas, jalan rel, pabrik, waste water treatment plant, rumah sakit, sekolah, tangki/depo/silo, dll. Jika ingin informasi lebih lanjut tentang spesifikasi teknis dan harga penawaran dapat menghubungi ke kantor kami.
    PT. HUME SAKTI INDONESIA
    Jl. Gajah Mada No. 156, Jakarta 11130
    Telp. (021) 629.6008, 629.2143, 629.5678, 639.9508
    Fax. (021) 639.9517, 629.9065
    Email : hsjkt2@dnet.net.id / achmad_mulyana@yahoo.com
    HP. 08129285264
    Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada seluruh pelanggan kami yang terhormat.

  22. selamat siang bapak, maaf bapak sebelumnya saya mau tanya bagaimana cara menghitungan alat produksi pancang vibro hammer dan diesel hammer / m

  23. cara menghitung kedalaman bore pile bos…..kasih contoh dg gambar ya..terimakasih

  24. salam kenal pak sinaga.semoga bapak selalu dalam keadaan sehat…
    saya ade nofetra mahasiswa arsitektur di universitas bung hatta adang,.

    saya pertama lihat link ini, dan saya tertarik untuk bergabung dan belajar lbih byk di bidang konstruksi sma bapak…

    nah yang mw saya tanyakan sma bapak sinaga,,,gmna cara nentuin jumlah titik tiang pancang pada suatu bangunan yang jarak kolom ke kolomnya 7.0 meter.. dengan jumlah lantai 5 lantai..

    saya berhara bapak bisa membantu saya untuk menelesaikan desain tugas akhir saya,,

    atas perhatian dan bantuan bapak saya ucapkna terima kasih yang sebesar- besarnya

  25. Horas…bang, saya mau nanya :
    Spun pile kan seperti tabung ( kosong ) jika sudah dipancang untuk menyatukannya ke Pile CAP, apakah cuma stek dari pembesian Spun Pile itu sendiri? dan Spun Pile yang tertanam kosong ?? Mauliate bang.

  26. Syalloom Pak Sianaga,

    Bebearap waktu lalu perusahaan tempat saya bekerja membeli sebuah Dermaga dari sebuah perusahaan yang sudah tutup, namun semua document tentang perencanaan Dermaga tersebut tidak ada, dikarenakan perusahaan terdahulu sudah tdk beroperasi 4 tahun sebelum dibeli.
    Mohon sharing infonya , bagaimana mengetahui kekuatan dan kemampuan beban dari Dermaga tersebut .

    regards.
    P.ButarButar

  27. salam kenal bang, saya mau nanya apakah fondasi tiang yang melayang (tidak bertumpu pada end bearing cukup aman?

  28. Salam kenal saya Pa Sinaga nama saya A Budiman……Setelah saya membaca atara pertanya bapa Sinaga dengan yg lain. saya dapat menambah wawasan tiang pancang. titik kedalaman .dll….ini sangat berarti dan bermanfaat buat saya ….karna saya baru bergabung di Tri Manunggal Jaya…..

  29. mau tanya, harga untuk tiang pancang beton pratekan diameter 500 mm itu berapa ya?

  30. Selamat malam pak Sinaga,
    Mohon bantuannya tentang program mutu, pada pemasangan tiang pancang v-pile 280 mm x 280 mm, sebagai pondasi bangunan.
    Atas bantuannya dan penjelasannya disampaikan terimakasih.

    Horas….

  31. yth, Bp Elsinaga
    Saya ikur bergabung dengan pihak perencana konstruksi dermaga yang akan digunakan sebagai transportasi lokal. Namun jenis dermaganya adalah Permanen sehingga harus menggunakan tiang pancang.
    Barangkali bp bisa memberikan masukan jenis tiang pancang a[a yang cocok untuk konstruksi dermaga tsb.

  32. Gmana kabarnya? Gak ada reunikah angkatan 2004 di Extensi UGM bang?

  33. Bersama ini kami perkenalkan perusahaan kami PT. VARIA USAHA BETON ( Semen Gresik Group ), kami bergerak dibidang :

    Products : – Ready Mixed Concrete : Beton Siap Pakai, CTB
    – Prestressed Precast Concrete : Pile,U-ditch, Girder, Sleeper, ect
    – Concrete Masonry : Roof tile, Paving Block, Hollow Block, ect
    – Aggregates : Crushed Stone, Base Coarse
    Services : – Cement Warehousing & Trading, Concrete Pumping
    Plants : Sidoarjo, Gresik, Wates, Tuban,Semarang,Purwokerto,Pandaan,
    Solo, Makasar,Cibitung,Serpong, Mataram

    Head Office : Jl. Letjen. S. Parman 38, Waru-Sidoarjo East Java.
    Tel : (031)8535049
    Fax : (031)8531396
    E-mail : info@variabeton.com
    http : //www.variabeton.com

    Besar harapan kami bisa bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu
    terimakasih,

    PT. VARIA USAHA BETON
    Contact Person :
    Makruf Anang : (031)70092120,082132189582
    E-mail : anang@variabeton.com, mak_anang@yahoo.co.id
    Dian kartika ; 087852797228
    E-mail : dian_kf@variabeton.com

  34. Semangat Pagi pak Sinaga…
    kami ingin berbagi informasi “Inovasi konstruksi malaysia”
    http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/06/21/15373280/Malaysia.Uji.Konstruksi.Sarang.Laba-laba.di.Tarakan
    Mauliate – Salam inovasi

  35. maaf ganggu pak..saya ingin nanya.
    gimana cara merencanakan RAB tiang pancang????

  36. SALAM KENAL PAK SINAGA,
    MOHON BANTUAN SARAN TEKNIS BAPAK;
    MASALAH : OPTIMALISASI MUTU PC SPUN TYPE BO KE TYPE A1 DITINJAU DARI KEMAMPUAN CRACK MOMENT DAN TEGANGAN SAAT PEMANCANGAN;
    1.) DATA NSPT – TANAH : BILAYER ( NSPT = 2 ( 1 SD. 20M) ;NSPT = 10 (21 SD 26M);NSPT = 50 (26 SD 40M)
    2.) TYPE HAMMER : HYDRAULIC HAMMER, RAM = 8 TON
    3.) PEMANCANGAN DI LAUT/ DERMAGA
    4.) Qu STATIS (SCHERMANTS) = 360 TON
    5.) ADAKAH KORELASI ANTARA NSPT DAN N BLOWS/SET
    TRIMAKASIH BANYAK ATAS SARAN BAPAK.

  37. Selamat malam bang, maaf mengganggu bang Sinaga. Aku mau menanyakan bang, tata cara atau urutan Item Pekerjaan untuk pekerjaan Pondasi Tiang Bore Pile gimana bang..?? Sebagai Acuan membuat RAB. Karena aku masih bingung membuat urutan Item pekerjaanya. Tolong emailkan ya bang. Ini emailku broew_0801@yahoo.com. Mauliate da bang. Horas…

  38. Mlm bg,
    mw tanya berapa deformasi ijin steel pipe (hollow0 untuk pondasi kelopok dan biasanya fixed atau free head bg?
    Thax bg.

  39. uda klo bisa nama uda di FB sama email bales ke email saya gametun93k@ymail.com

    saya scearch malah blog uda yg dapat 😀

  40. uda email uda kgak bisa di search

  41. malam mas, saya mau tanya dong,, cara memancang tiang pancang itu langkah2’y gmana? alat yang digunakan hydraulic pressure pile, tiang pancang’y spun pile… mohon bantuannya untuk menjelaskan langkah2’y..!
    trima kasih

  42. Pak sinaga, boleh saya minta penjelasan definisi efek heave pada tiang pancang (tiang yang dipancang “naik”) ?

  43. malam….
    pa’ sya boleh minta bahan bahan tentang pondasi sarang laba laba dan kolom pracetak g??? saya lgi perlu buat tugas saya, saya cari di internet tidak terlalu banyak tentang bahan bahan tersebut….

  44. Sore Bang,
    Awak boleh minta tolong tdk untuk mebantu pencarian spesifikasi steel pipe hollow dari KOBE, WIKA, HUMEX sebab awak cari dr td tdk ada walaupun sdh berkunjung ke web PT. Wika.Kemudian bg, apakah EID dan ESL merupakan parameter yg selalu ada pada Circular Section Pile baik SP maupun CP?
    Trims Bg.

    Regards,
    Daniel

  45. PT.Citra Lautan Teduh
    Kami spesialisasi tiang pancang bulat beton putar pra-tekan.
    Utk info lebh lanjut silahkan mengunjungi website kami atau kirim email ke:
    Hardian.clt@gmail.com
    Al_vendoz@yahoo.co.Id
    Website:
    http://www.Tiangpancang.blogspot.com
    http://www.Tiangpancang.wordpress.com

  46. Pagi pak/mas, saya mau nyusun skripsi tentang ‘perencanaan tiang pancang dasar laut’ kayak untuk platform/rig, dll, kira2 bisa kasih data atau penjelasan sedikit mengenai hal itu ga?

    trima kasih,

    salam,
    andi hermawan

  47. Salam kenal,
    Saya mau menyakan sistem pemancangan tepi pantai atau laut dengan menggunakan ponton tapi untuk penentuan titik koordinatnya apakah cukup menggunakan Teodolith, bgm sisitem kerjanya.Tks

  48. Salam knal pa…,
    maaf sebelumnya nganggu bapak, saya ofhy mahasiswi politeknik, saya mau tanya pada bapak bagaimana cara mendesain pondasi dari data yang hanya gambar dan beban tekanan.
    mohon bantuannya. Terima kasih
    ===========================================
    @fhy,……… anda tidak akan pernah bisa mendesain fondasi dengan data itu.
    Desain fondasi ada 2 tujuan: mendesain struktur fondasi dan mendesain daya dukung fondasi/daya dukung tanah.

    untuk mendesain struktur fondasi tersebut, bisa anda lakukan dengan data itu, tetapi untuk mendesain daya dukung fondasi/daya dukung tanah, anda harus punya data tanah.

  49. Salam knal pa…,
    maaf sebelumnya nganggu bapak, saya ofhy mahasiswi politeknik, saya mau tanya pada bapak bagaimana cara mendesain pondasi dari data yang hanya gambar dan beban tekanan.
    mohon bantuannya. Terima kasih

  50. salam kenal ya pak

  51. maaf sebelumnya nganggu bapak, saya reza mahasiswa politeknik, saya mau tanya pada bapak apa fungsi/kegunaan dari pasir yang dimasukkan ke dalam tiang pancang baja dan apa fungsi dari tiang pancang yang dipancang miring, tolong jawabannya ? makasih sebelumnya.
    =========================================================================
    @muhammad reza ghozali:
    Kalai cuma pasir yang dimasukkan kedalam tiang pancang baja, tidak memiliki fungsi yang begitu berarti, kalaupaun ditanya fungsinya untuk apa, saya bisa menjawab itu hanya untuk menambah berat tiang, sebagai beban tambahan untuk melawan gaya pulling (gaya cabut) pada tiang pancang itu sendiri. tetapi yang selalu dilakukan pada tiang pancang adalah adanya filling concrete (tiang pancang baja diisi beton bertulang) dengan kedalaman tertentu dari pemotongan tiang sisi atas dengan tujuan agar pile cap yang akan di cor menjadi lebih menyatu dengan tiang pancang pipa baja tersebut. dan untuk menahan gaya geser yang terjadi pada dermaga akibat benturan kapal atau beban2 horizontal lainnya.

    Tiang pancang miring berfungsi untuk menahan gaya horozontal. gaya horizontal biasanya ditimbulkan oleh: gaya benturan kapal, angin, arus, wave dan gempa.

  52. maaf sebelumnya nganggu bapak, saya reza mahasiswa politeknik, saya mau tanya pada bapak apa fungsi/kegunaan dari pasir yang dimasukkan ke dalam tiang pancang baja dan apa fungsi dari tiang pancang yang dipancang miring, tolong jawabannya ? makasih sebelumnya.

  53. pak sinaga saya mau membangun dermaga,saya perlu design
    struktur dermaga tersebut.
    Dimana alamat & telepon Bapak
    mohon di balas ya.

    thanks
    djinarto

  54. salm kenal pak naga

    saya mahasiswa teknik sipil
    so tertarik aja dengan artikel bapak

    salamknal

  55. salm kenal pak naga
    saya masih mahasiswa dijurusan teknik sipil
    terttarik liahat artikel bapak

    salam kenal saja

  56. Abang Sinaga
    Selamat malam Abang

    Saya Mahdi, mau nanya Bang

    Mohon bantuan Abang nich, bagaimana cara menghitung Analisa harga untuk Cathodic Protection pada Tiang pancang Pipa Baja untuk dermaga di laut?

    Mohon Infonya yang Bang

    Terimakasih Bang

  57. tolong kirim ke email saya pak izoel_8602@yahoo.com

  58. pak saya minta tolong bisa dijelaskan apa fungsi dr tiang pancang ujung lancip dan tumpul…
    sy dpat tugas dr dosen saat seminar nilai saya belum keluar kalau tugas belum dibuat jd sy minta tolong banget pak..
    makasih

  59. @eka, mungkin maksud anda tanah keras itu dc qc 250 kg/cm2 (sondir)
    perlu anda ketahui, fungsi dari fondasi tersebut adalah untuk mendukung beban diatasnya yang diteruskan kepada daya dukung tanah. jika sudah bisa menggunakan fondasi dangkal, tentunya tidak perlu menggunakan fondasi dalam. jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan fondasi tiang pancang, tentunya anda sudah terlebih dahulu melakukan analisis sesuai dgn beban2 yang bekerja dan melakukan analisis terhadap daya dukung tanah tersebut. dengan demikian ada dapat memutuskan apakah memang harus menggunakan fondasi tiang pancang atau tidak.

  60. pak sinaga saya ingin numpang bertanya pak mengenai concrete spun pile.
    Apabila kedalaman tanah keras telah dcapai dg qc 25 kg/cm2 pada kedalaman tanah rata-rata 3,5 m maka apakah masih perlu menggunakan pondasi tiang pancang concrete spun pile?
    Adapun beban yang didukung merupakan boiler house dengan ukuran kira2 20 x 40 m2.
    Mohon bimbingannya y pak, trimakasih ^^

  61. terima kasih

  62. Saya ingin menanyakan apakah tiang pancang atau bor pile dapat digunakan sebagai angkur (menerima gaya tarik) apabila digunakan pada desain basement yang mempunyai gaya uplift yang tinggi.

    tiang pancang atau bor pile, dapat menerima gaya tarik, tentunya daya dukung terhadap gaya tarik yang terjadi tersebut adalah akibat dari skin friction dari tiang pancang tersebut. oleh sebab itu skin friction dari pile tersebut harus mampu mendukung gaya pulling yang terjadi pada pile tersebut. disamping itu, secara struktur pilenya tersebut jga harus mampu mendukung gaya tarik yang berkerja tersebut.

  63. Salam kenal,
    Saya ingin menanyakan apakah tiang pancang atau bor pile dapat digunakan sebagai angkur (menerima gaya tarik) apabila digunakan pada desain basement yang mempunyai gaya uplift yang tinggi.

    Terima kasih

  64. @ Mahdi Febrian: Selamat sore Abang Sinaga, perkenalkan nama saya mahdi febrian.
    saya mau nanya Bang, untuk kapal bobot 10.000 DWT draftnya 6,2m. nah untuk mencari kedalaman di dermaga biar kapal tersebut bisa sandar biasanya saya tambah 1m dari draft tersebut yaitu menjadi -7,2m LWS ada rumus nggak Bang untuk menghitungnya? terimakasih banyak atas tanggapanya Bang.

    Mas Mahdi, untuk menentukan kedalaman air yg harus direncanakan, benar seperti yg sdr katakan bahwa perlu ada penambahan 1 meter dari “FULL LOAD DRAFT”. namum ada syarat2 yang perlu anda perhatikan, yaitu: penambahan 1 meter tersebut adalah harus pada posisi air surut terendah. dan perlu juga anda perhatikan posisi sedimentasi yang akan terjadi di daerah tersebut (berapa cm per tahun akan terjadinya sedimentasi), selanjutnya setiap berapa tahun anda rencanakan akan melakukan pengerukan jika sedimentasi tersebut terjadi.

    sebagai contoh saya berikan: Vessel anda 10.000 dwt,
    full load draft 6.2 m, saya asumsikan elevasi air rata2 MSL+0.00, HWL +1.40 m, LWL -0.8, sedimentasi yg akan terjadi 10 cm/tahun, dan umur rencana pelabuhan 30 tahun, dan direncanakan akan melakukan pengerukan setiap 5 tahun.
    jadi kedalaman air laut yg harus anda rencanakan adalah: 6.2+(5*0.1)+1.0 = 7.70 m dari LWL.
    elevasi LWL=-0.80 m, jadi elevasi seabed yang harus anda rencanakan adalah -0.80-7.70 = -8.5 m.

  65. Selamat sore Abang Sinaga, perkenalkan nama saya mahdi febrian.
    saya mau nanya Bang, untuk kapal bobot 10.000 DWT draftnya 6,2m. nah untuk mencari kedalaman di dermaga biar kapal tersebut bisa sandar biasanya saya tambah 1m dari draft tersebut yaitu menjadi -7,2m LWS ada rumus nggak Bang untuk menghitungnya? terimakasih banyak atas tanggapanya Bang

  66. mas dokumentnya ko ga bisa di download…!

  67. pak, kalau diameter tiang 700 mm, beton, biasanya bagian yang bolong diameternya berapa??

    pada umumnya diameter Concrete Spun Pile, berdiameter 600 mm, dengan Thickness 100 mm, kalaupun ada ditemukan tiang pancang berdiameter 700 mm, mungkin itu special order.

  68. pak, kalau diameter tiang 700 mm, beton, biasanya bagian yang bolong diameternya berapa??
    makasi ya pak..

  69. mas kalendering itu apa ya, tolong jelasin yang rinci ya? mkasi..

    http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&qual=high&submitval=next&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fsip4%2F1999%2Fjiunkpe-ns-s1-1999-21492045-12874-galat-chapter2.pdf&submit.x=15&submit.y=23

  70. mas kalendering itu apa ya, tolong jelasin yang rinci ya? mkasi,..

    Untuk hal-hal yg bersifat teori,..akan lebih baik dan lebih jelas jika anda mempelajarinya dari berbagai literatur…seperti dari sumber berikut:

    http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&qual=high&submitval=next&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fsip4%2F1999%2Fjiunkpe-ns-s1-1999-21492045-12874-galat-chapter2.pdf&submit.x=15&submit.y=23

  71. mas jelasin tentang kalendering dong?

  72. mas kalendering itu apa ya, tolong jelasin yang rinci ya? mkasi

  73. @kesuma,..ukuran panjang tiang pancang dari pabrik,..tergantung diameternya (300-600 mm) untuk tiang pancang beton.. panjang nya berkisar ( 6-16 m), namun panjangnya bisa juga spesial order.. sistim pembesiannya sudah standart, data ini ada bsa dapatkan dari katalog perusahaan pembuatnya sperti KOBE, WIKA, HUMEX,..dll.

    biasanya dalam desain, kita hanya memilih diameter tiang pancang sesuai dengan analisis struktur (momen, moment crak, axial load & tension), karena masing2 diameter sudah tertera kapasitas tersebut. (jarang sekali org mendesain berapa jumlah tulangan nya, melainkan sebaliknya, kita tinggal memilih diameter tiang pancang yg sudah tersedia dari fabrik).

    sementara untuk menentukan panjangnya, kita menentukannya dari analisis truktur (beban axial load dan Pulling) yg kita hubungkan terhadap analisis daya dukung tanah..

  74. BAng Salam Kenal,, Bang saya mau tanya Untuk Dimensi Tiang Pancang Pabrik ukuran diameter dan panjangnya berapa?
    Terus Sistem Pembesiannya bgmna,, Kl ada mhn dengan contoh sketsa

  75. Bagi rekan2 yg punya pertanyaan mengenai fondasi / geoteknik dapat menghubungi / menjadi anggota HATTI (Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia) , Basement Aldevco Octagon, Jl. Warung Jati Barat Raya No 75 Jkt 12740, telp 798 1966, email: hatti@indosat.net.id web http://www.hatti.or.id
    Organisasi ini yg melakukan sertifikasi ahli geoteknik.

  76. pak, saya s’org mahasiswa sipil di un. lambung mangkurat di kal-sel. tanya pak. kalo referensi buat analisis struktur tu dimana ya? bapak punya filenya?? atau link download?? soalnya susah pak nyari bukunya yang bener-bener bener,. saya cari di internet juga g dapet dapet,. oh ya, juga pondasi dangkal dan pondasi dalam, pak,, mohon bantuannya…

  77. salam kenal pak…mw nanya,ada desain struktur fondasi dmn antar fondasi tidak menyatu secara langsung dg bangunan di atasnya.jd setelah fondasi pancang di potong ujungnya,tidak diberi pile cap namun ditimbun dg pasir setebal 20 cm.setelah itu baru di beri LC untuk bangunan di atasnya.yg saya tanyakan,amankah sistem seperti itu dan bagaimana cara perancangannya.saya dapat tugas untuk membandingkan dengan sistem fondasi group seperti pada umumnya..demikian terima kasih,maaf klo bahasanya amburadul,hehe…

  78. salam kenal mas. .
    Saya Indra. .
    saya senang baca blog ini dan sesuai motto mas.
    Saya mau nanya masalah saluran air(drainase). .
    mas saya mau tanya harga dari pemasangan(instalasi) u-ditcs ukuran 300×300 dan pemasangan covernya berapa ya?
    terima kasih mas jika mau membantu. .
    thanx
    salam hangat. . indra

  79. @anna, ada banya buku2 mekanika tanah yg bisa dijadikan refferensi tentang consolidasi tersebut..secara sederhananya buku2 mekanika tanah di gramedia jg tersedia.

  80. @yudistira. Terima kasih atas Infonya,.. kelak jika kita membutuhkan kerja sama anda,..kami akan menghubunginya.

  81. Bersama ini kami perkenalkan perusahaan Kami “Wahana Group” yang bergerak dibidang kontraktor sipil. Produk kami antara lain :
    Tiang Pancang 20×20 – 45×45
    Balok dan Kolom Pracetak
    Façade
    Pagar Beton
    Girder Jembatan
    Sheet Pile
    Saluran / U ditch
    Beton Ringan
    Dan berbagai produk beton lainnya
    Besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dengan perusahaan bapak/ibu, terima kasih

    Hormat Kami
    Wahana Group
    Contact Person :
    Yudistira A. F. : 031-72027042 / 081230235554
    Office : 031-8791555
    Fax : 031-8793534
    Email : wahana_cipta_sby@yahoo.com
    : yudistira_didik@yahoo.com
    Alamat : Ruko Rungkut Megah Raya Blok L 15 – 17 Surabaya
    : Jl. Raya Trans Yogi Km. 54, Ds. Tegal Panjang Kec. Cariu – Bogor
    Facebook Name : Wahana Tiang Pancang email : aku_yudistira@yahoo.com

  82. pa saya mahasiswa teknik. salam kenal.
    saya mau bertanya dengan bapa, tentang konsolidasi.
    menurut bapa bagaimana konsolidasi pada satu area yang disekelilingnya terdapat mesin-mesin generator yang besar??? saya tidak punya referensinya…..
    terimakasih sebelumnya.

  83. salam kenal..
    saya punya permasalahan yg cukup rumit. saya sedang mengerjakan proyek bangunan dengan 1 lantai basement di pusat kota dengan tingkat pemukiman yg padat.
    sebelum penggalian basement dilakukan pemancangan steel sheet pile sedalam 12 m dan dilanjutkan dengan penggalian sedalam 4,7 m.
    setelah penggalian diketahui bahwa bagian atas sheet piles bergeser dari as-nya ke arah dalam galian sebesar 27 cm dalam 3 hari (sheet piles miring ke bagian dalam) dan terjadi cracking pada tanah di daerah sekeliling pemancangan (pemancangan dilakukan tanpa angkur).
    apakah solusi yg bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini (agar sheet piles dapat kembali tegak pada as)?
    saya khawatir pergeseran tanah akan terus bertambah dan bangunan2 di sekeliling proyek mengalami kegagalan struktur akibat pergeseran tanah tsb.
    terima kasih sebelumnya atas perhatian dan tanggapannya..
    sukses selalu

  84. Pak..bagaimana cara menganalisis concrete spun pile terhadap gaya angin dan gaya ombak??terima kasih

  85. perkenalkan saya Yahya seorang mahasiswa,

    saya mau menanyakan kepada bapak mengenai NEGATIVE SKIN FRICTION, jujur saya masih bingung,

    sebenarnya penyebab dari NEGATIVE SKIN FRICTION itu apa asaja pak, trus bagai mana mengatasinya pak?

    terimakasih atas perhatiangnya, semoga tambah sukses dan tambah mantap pak

  86. @bayu,..
    1. Panjang tiang pancang Steel Pipe pile ukuran standar fabrik = 12 m, tetapi bisa lebih tergantung pesanan.
    2. Sola harga lebih baik anda dapat bertanya langsung ke produsen baja Pipa baja tersebut,.. seperti Krakatau steel, atau ke PT. Swarna baja
    3. Untuk masalah biaya tidak bisa ditentukan, bergantung pada beberapa faktor berikut:
    – Diameter tiang yg akan di pancang;
    – Dimana Lokasi pekerjaan, (Di darat atau di Laut)
    – Keadaan Lokasi Proyek untuk mobilisasi alat;
    – Jenis alat yg mau di gunakan, Impact Hammer atau vibro,..
    – Kondisi tanah (keras, sedang, lunak), sesuai dgn hasil pemeriksaan tanah dari data (sondir atau SPT);
    – Kedalaman yg mau di pancang,
    – Jumlah Quantity Tiang yg mau dipancang, sebagai contoh, Biaya mobilisasi alat untuk memancang 1 tiang sama dengan untuk memancang 1000 tiang atau lebih,..
    – dll,.. tergantung situasi dan kondisi proyek,..!!

  87. Pak sinaga, mau nanya nih……
    1. Satu ruas tiang pancang mempunyai panjang berapa, apakah cuma 6 meter saja?
    2. Harga untuk satu ruas tiang pancang steel berapa?
    3. Biaya untuk pemancangan satu tiang pancang tegak berapa trs kalo yang miring brp?
    Makasih banyak pak…..

  88. Desain tiang pancang,untuk perencanaan yang mempunyai data tanah yang sangat minim….., tingkat bencana ala g sangat besar…, tanah yg sangat labil….. kebijaka dalam desain gimana pak?

  89. horas bang,
    bang aku ada punya tantangan baru,aku ditawarin utk memproduksi tiang pancang, khususnya spun pile,
    tapi aku tidak punya pengalaman dan bahan dalam mendesign utk produksi tiang pancang.
    aku minta abang untuk membantuku,krn aku sangat tertarik sekali dengan tawaran itu.
    makasih y bg.
    horas

  90. @HEFNI,….
    Seharusnya jauh sebelum pemancangan dilakukan,..kita sudah harus bisa mengetahui bahwa pemancangan tersebut hanya mampu sampai kedalaman 6-5 m sebagaimana yg anda sebutkan. ini bisa kita ketahui berdasarkan analisis yang dilakukan berdasarkan data2 tanah yang tersedia,..material tiang pancang yang digunakan dan jenis alat pancang yang digunakan.

    saya bisa memahami kenapa design tersebut misalnya harus 10 meter,..secara beban vertikal yang bekerja,..mungkin tiangpancang sampai kedalaman 6-5 meter telah mampu untuk mendukung beban yang bekerja, karna beban vertikal ini didukung oleh daya dukung ujung tiang dan gaya gesek tiang. tetapi sekalipun pada kedalaman 6-5 m telah mampu mendukung beban vertikal,..tidak serta merta kita bisa langsung menghentikan pemancangan. kita harus meninjau kemampuan daya dukung tiang tersebut dari segi pulling atau gaya cabut tiang,..yang mungkin gaya cabut ini disebabkan oleh gaya gempa,..gaya angin dsb. perlu kita ketahui adalah DAYA DUKUNG TIANG TERHADAP GAYA CABUT didukung hanya oleh,..GAYA GESEK TIANG (SKIN FRICTION) dan berat tiang itu sendiri,..(“bukan oleh ujung tiang”). Gaya dukung tiang terhadap cabut tersebut (Skin friction) adalah merupakan fungsi dari kedalam tiang yang masuk kedalam tanah (embeded length). mungkin dari design analisis beban cabut yang bekerja,..tiang tersebut harus dipancang sampai dedalaman 10 m untuk mendapatkan (embedeb length yg cukup).

    nah,..persoalan yang anda hadapi sekarang adalah “bagaimana untuk mendapatkan daya dukung tiang tersebut yang harus dipancang 10 m,.. sementara saat pekerjaan pemancangan dilakukan, hanya sanggup dilakukan sampai kedalaman 6-5 meter,..?? mungkin kalau dipaksakan untuk terus dipaksa untuk dipancang,..bisa jadi tiang pancang tersebut rusak,..atau bahkan alat yang digunakan pun rusak.

    Bagaimana solusi untuk mengatasi hal ini,..?? apakah kita harus memutuskan untuk menghentikan pemancangan pada kedalaman 6-5 meter,..?? kalau dihentikan bagaimana,..?? sementara daya dukung tiang tersebut,..blm memenuhi terhadap gaya cabut yang bekerja,..yg mungkin disebabkan oleh gaya gempa,..?? seorang desainer,..harus memikirkan bagaimana solusinya,…??

    Solusi yang saya usulkan adalah,..:
    kalau memang kemampuan untuk memancang pile tersebut hanya mampu sampai kedalaman 6-5 meter,..anda boleh menghentikannya pada kedalaman tersebut,..asal Daya dukung tiang tersebut telah mampu untuk mendukung beban yang bekerja. tentunya daya dukung tiang tersebut telah dibagi faktor SF (2.5-3) untuk beban normal dan SF (1.5-2) untuk beban sementara dan beban seismik (gempa),..
    Sementara untuk memenuhi daya dukung tiang terhadap gaya cabut, dapat dilakukan dengan menggunakan angkur (ground anchore) yang dibor kedalam tanah. bisa searah dgn tiang tersebut,..atau berada ditengah diameter tiang tersebut (jika yang digunakan 1 anchore),.. atau menggunakan lebih dari satu anchore Biasanya 3 anchore (yg pemasangannya anchorenya tidak se AS dgn pile tersebut,..(opsi ini jarang digunakan).

    Seberapa dalam anda harus memasang anchore tersebut dan berapa diameter baja yang digunakan,..tentunya harus di analisis kembali sesuai dgn data tanah yang ada dan jenis ancore yang anda gunakan..

    SEMOGA PENJELASAN INI BISA MEMBANTU ANDA..

  91. salam kenal mas….!saya senang baca blog ini dan sesuai motto mas.
    Saya mau nanya masalah pelaksanaan pemancangan spun pile jembatan yang tdk masuk sesuai rencana ( 10 meter ) hanya 6m dan 5m sebanyak 33 (dia 50) titik,apabila saya cut spun pile hanya 4-5 meter yg menahan beban abutmen dan rangka jembatan klas A-40 apakah masih aman

  92. keren juga yah

  93. salam kenal pak

  94. maaf sebelumnya, saya mau nanya g mana metode pelaksanaan (prosesnya) pelaksanaan pemancanagan baja pada proyek pelabuhan. mulai dari awal pekerjaan hingga kalendering.. terima kasih.

  95. met siang! pak mo ikutan nanya nich.., magaimana sebaiknya untuk mendesign pondasi bangunan bertingkat 2 lantai/lebih di daerah yg tanahnya labil/tanah ndut..! soalnya tanahnya gerak klo ada perubahan musim…! ? didaerah kalimantan bayk sekali kasus tanah labil, shg bangunany semi permanen..! thank…tlong dibals ke email aq …!

  96. Salam Kenal Pak Lambutan Sinaga…dalam beberapa hari kedepan saya akan banyak bertanya dengan bapak..terima kasih.

  97. Selamat sore..

    kami berencana membangun tiang dari galvanized pipe dengan ukuran tinggi 12meter, lebar 8inc dan tebal 6mm diatas karang di tepi pantai, pondasi seperti apakah yang cocok jika kami akan membuatnya berjajar dengan jarak antar tiang 7 meter? terimakasih

  98. pak, saya bisa minta file yang membahas tentang spun pile ga ya? saya butuh untuk pekerjaan saya, sedangkan saya belum mengetahui tentang spun pile itu sendiri. baik kelebihan dan kekurangannya dibandingkan pondasi lainnya. terima kasih pak. mohon bantuannya..

  99. maksud saya dasar laut elevasi minus 30 M, jd di sambung sampai dasar, baru di pancang sampai sesuai dgn kalendering 10/2.5cm?

  100. salam kenal……
    saya surveyor mauw tny, cara pemancangan di laut dengan kedalaman +- 30 m misalnya?

  101. pak mau tanya kedalaman pancang ditanah keras berapa ya? saya lupa teorinya kayanya 25D ya klo gak salah? mohon infonya????

  102. terimakasih ilmunya ya pak

  103. selamat sore pak,……
    langsung saja saya mau menanyakan bagaimana prosedur pelaksanaan pemancangan di laut? dengan kondisi yg sangat berbeda dg di darat. dan cara meletakkan tiang pancang awal agar sesuai koordinat yg sudah di tentukan, thks.

  104. kalo tanah kerasnya di kedalaman -60 meter, maka fondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang. bisa dari tiang pancang concrete spun pile atau dari tiang pancang steel pipe pile. cara menyambung tiang pancang biasanya decgan cara di las. baik tiang pancang dari beton atau dari tiang pancang pipa baja. umum nya untuk tiang pancang beton, pada setiap kedua ujungnya, kecuali untuk ujung tip pile telah ada suatu pelat baja yang sudah terpasang untuk sambungan antar tiang pancang beton tersebut dengan cara di las.

  105. salam kenal bang…
    saya mahasiswa masih kuliah, masih bingung tentang tiang pancang.

    mau tanya, klo misalnya tanah kerasnya ada di 60 meter.

    itu pakai pondasi apa???

    pondasi tiang pancang itu bisa disambung???

    cara nyambungnya gimana yah ????

    makasih banyak bang….. tambah sukses slalu

  106. salam kenal P’ Elsinaga…

    saya mau bertanya kalau perencanaan tiang pancang di tanah berpasir gimana Pak… apa saja data yang dibutuhkan dalam perencanaan…

    terima kasih

  107. salam kenal P’ Elsinaga…

  108. @ika, dalam mendesain sebuah fondasi, semua logika perhitungan nya adalah sama, yaitu daya dukung fondasi harus mampu mendukung beban yang bekerja. Bagaimana menghitung daya dukung itu, tergantung dari jenis fondasinya. kalo jenis pondasinya tiang pancang, maka daya dukung nya ada pada ujung tiang dan gaya gesek pada tiang sepanjang ting yg tertanam kedalam tanah. seberapa besarnya daya dukung tiang tersebut, tergantung dari data-data tanah & dimensi tiang. untuk pondasi sumuran umumnya daya dukung tiang dihasilkan dari luas area pondasi sumuran yang direncanakan. ini hampir sama dengan perhitungan fondasi setempat. data data yang anda miliki, seperti sondir dan hand bore saya kira harus ada data lab, yg berhubungan dengan sudut geser tanah, cohesi, berat jenis, jenis tanah, dll. biasanya saat pemeriksaan tanah dgn hand booring, besamaan dengan SPT dimana dari data ini diperoleh nilai N-value. untuk data sondir yg anda miliki, ini hanya baik digunakan utuk fondasi tiang pancang. jadi saran saya, perhitungan pondasi sumuran yg anda maksud, dapat anda lakukan seperti perhitungan fondasi setempat.

  109. mas mw tanya nh
    bisa ga kasih contoh perhitungan pondasi sumuran untuk tower
    q ada tugas tapi bingung carax dimulai dari mana
    padahal pekerjaannya ada sondir dan hand bore, rataa-rata contoh perhitungan yang q dapat pondasi tiang pancang, tolong ya di bantu secepatnya, makasih

  110. @randi, pengertian konsolidasi adalah proses berkurangnya volume atau berkurangnya rongga vori dari tanah jenuh yang memiliki permeabilitas rendah, akibat dari pembebanan. proses ini dipengaruhi oleh kecepatan terperasnya air pori keluar dari rongga tanah. jadi jawaban saya atas pertanyaan ini adalah tergantung dari kondisi tanahnya. jadi saya tidak bisa menentukan berapa lama waktunya tanpa mengetahui kondisi tanah dan data lab nya.

  111. @priyo hadi wibowo, Metode pembuatan PC spun pile, lebih jelasnya anda boleh mencarinya langsung dari perusahaan pembuatan PC pile, seperti: WIKA, KOBE, Humex PC pile, dll.

  112. ad file tentang pembuatan pc spun piles g maz???

    aq lagi butuh data

    bwt tugas kuliah…

    mohon bantuannya

  113. mas kalo tanah campur batu konsolidasi berapa lama sih? tanpa pemadatan mekanis. masalahnya diatasnya saya rencanakan jalan rigid.Kondisi lapangannya pada turap sheet pile beton

  114. saya ada tugas perencanaan pelabuhan…..tpi sy agak kesulitan dalam perencanaan tiang pancangnya…..Apakh dalam perencanaan tiang pancang, kita dapat mnentukan pembesiannya???ataukh sdh ada standar untuk pembesian tiang pancang??

  115. selamat siang pa…saya suka dengan isi-isi blog anda…kalo boleh bertanya secara rinci…bolehkah bapa juga memuat dasar teori tentang sheet pile concrete..??
    soalnya saya lagi nyusun tugas akhir tentang corrugated concrete sheet pile (CCSP),yang dipakai sebagai konstruksi turap pada proyek flyover.trims

  116. Salam kenal pa Sinaga
    Saya mau tanya mengenai koefesien spring untuk menghitung tiang pancang dengan menggunakan software SAP 2000. Apakah bisa tekanan disekeliling tiang diasumsikan sebagai koefesien spring dan bagaimana cara menghitung koefesein spring tersebut ? terima kasih sebelumnya

  117. mau nanya lagi bang…
    saya pengen tau Fondasi PC spun pile, apa sama aja dengan Fondasi tiang pancang umumnya..
    lebih spesifik seperti apa bang?
    literaturnya saya tidak tau bang…

    thanks sebelumnya penjelasannya..

    GBU.

  118. makasih byk buat ilmunya pak…

    dermaga yg akan d bangun a/ dermaga umum…

    saya menggunakan data pasut 1tahun untuk mendapatkan konstanta harmoniknya…. yang saya masih bingung adalah bagaimana mencari HWS dengan menggunakan konstanta tersebut??

    apakah hanya cukup dengan melihat grafik pasut tertinggi??

    terimakasih banyak pak..

  119. tugasnya sudah kelar bang, terima kasih atas bantuannya.

    gbu

  120. Ida ayu, elevasi dermaga dan puncak bangunan pemecah gelombang ditentukan oleh elevasi muka air pasang, sementara kedalaman alur pelayaran ditentukan oleh muka air surut.

    dalam hal ini, ukuran kapal sangat menentukan elevasi dermaga dan alur pelayaran. jika suatu dermaga didesain dengan berbagai jenis ukuran kapal, mulai dari kapal-kapal kecil, kapal sedang hingga kapal yang sangat besar, biasanya untuk desain struktur dan elevasi dermaga ditentukan berdasarkan terbesar, sedangkan untuk alur pelayaran tidak selamanya ditentukan oleh kapal terbesar, dengan ketentuan apabila kapal-terbesar tersebut hanya masuk pelabuhan misalnya 1 kali dalam seminggu, maka kapal tersebut hanya boleh masuk pada saat pasang saja. sehingga desain alur pelayaran dapat didesain saat pasang dan tidak perlu saat surut.

    umum nya dalam desain elevasi pelabuhan cukup didasarkan pada HWS, karena jika didasarkan pada HHWS atau MHHWS ini akan sangat boros, karena hight highest water spring ini ini hanya terjadai pada periode tertentu, misalnya 50 tahunan atau 30 tahunan.

    data HWS tersebut diperoleh dari data survey pasang surut air, bukan berdasarkan Rumus.

    jadi dalam menentukan elevasi dermaga tersebut harus didasarkan pada data pasang surut, jenis dan ukuran kapal.

    jika seperti yang saya sebutkan tadi, misalnya kapal didesain dari yang kecil hingga yang besar untuk bersandar pada dermaga yang sama, maka type fender yang digunakan harus dipilih tipe yang memanjang, agar kapal-kapal kecil saat surut juga bisa bersandar pada dermaga. dan jangan lupa, type fender tersebut juga harus mampu menyerap energi tumbukan kapal terbesar. jadi semua faktor harus benar-benar diperhatikan.

  121. pak, saya mahasiswa yg lagi bingung skripsi…
    mau tanya ttg bagaimana cara penentuan elevasi dermaga??
    apakah cukup dgn HWS ato perlu MHHWS??
    kalo bisa, tlg jelaskan rumus HWS….

    trimakasih byk sebelumnya…
    mohon bantuannya…

  122. mas Bebot, dalam mendesain sebuah pondasi tiang pancang, perlu anda ketahui bahwa Pondasi tiang pancang yang disesain tersebut tidak hanya didesain berdasarkan beban yang bekerja secara VERTIKAL saja akibat berat sendiri dan beban hidup lainnya yang bekerja secara gravitasi, tetapi pondasi tiang pancang juga harus mampu mendukung beban tarik (beban cabut) kalo dalam desain pelabuhan, beban tarik ini terjadi akibat beban angin dan beban tarik pada mooring dolphin atau bollard pada dermaga. selain itu juga dapat disebabkan oleh beban gempa.

    jadi perlu anda ketahui bahwa, sekalipun dasar laut tersebut berupa batu karang, belum tentu desain tiang pancang tersebut dapat dihentikan pada kedalaman tersebut.

    ditinjau dari beban vertikal yang bekerja pada tiang pancang tersebut mungkin sudah bisa dihentikan. tetapi apakah jika ditinjau dari gaya cabut yang bekerja apakah tiang pancang tersebut sudah mampu untuk mendukung nya??..

    perlu anda ketahui bahwa daya dukung tiang pancang terhadap gaya cabut adalah skin friction nya atau gaya gesek pada tiang. daya dukung tiang pancang terhadap skin friction selain dari data tanahnya adalah merupakan fungsi dari luasan area skin friction dari tiang pancang tersebut. area dari skin friction tersebut merupakan fungsi dari (f) = diameter tiang dan kedalaman tiang yang masuk kedalam tanah,

    jadi dapat disimpulkan bahwa, sekalipun dasar dari tanah tersebut merupakan batu karang, belum tentu pemancangan tiang dapat dihentikan.

    ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. mungkin saja, karna dasar tanahnya adalah batu karang yang mungkin sangat sulit untuk dipancang, maka dicari alternatif desain lain, misalnya jumlah tiang di perbanyak sehingga dapat mendistribusikan gaya cabut sehingga nilainya bisa menjadi lebih kecil yg pekerja pada msing-masing tiang.

    Semoga penjelasan saya ini bisa memberikan pemahaman untuk anda.

  123. thank’s naga, gimana ya kalo tiang pancangnya lebih panjang yang melayang dibanding yang terbenam ketanah? misalnya lautnya dalam trus dasarnya bebatuan. B-)

  124. Mas candra, Fondasi PC spun pile sering disebut dengan Fondasi tiang pancang. tidak ada hubungan antara wilayah gempa terhadap PC spun pile ini dan juga tidak ada hubungan antara jenis tanah terhadap PC spun pile.

    yang perlu anda ketahui adalah: dalam mendesain tiang pancang PC spun pile adalah:
    1. gaya yang bekerja terhadap PC spun pile mampu didukung oleh pile tersebut dalam hal Momen (momen ultimate & momen crack), Compression strength dan Tension strength.
    2. daya dukung tanah mampu untuk mendukung beban-beban yg berkerja. dimensi tiang baik berupa diameter dan panjang tiang, berhubungan dengan daya dukung tanah dengan. karena daya dukung tiang merupakan fungsi dari daya dukung ujung tiang (diameter tiang) dan skin friction tiang (hubungan antara panjang tiang yang masuk kedalam tanah dengan diameter tiang).

  125. salam kenal bang..
    saya lgi bikin TA analisa perancangan pondasi PC spun pile…

    prinsip pondasi PC spun pile seperti apa ya bang?
    bagus untuk wilayah gempa berapa?
    cocok untuk kondisi tanah apa?

    thanks sebelumnya..
    GBU

  126. salam kenal…

  127. salam kenal

  128. web nya sangat bagus dapat membantu mahasiswa/wi dalam menambah ilmu sipil,

    utk perhitungan pondasi footplat tolong di post kan,

    trims

  129. pak akhira,..tolong bahasanya diperbaiki dulu,..sehingga maknanya bisa saya terima. tetapi sesungguhnya pembangunan dermaga itu tidak harus memiliki topografi berkarang 7 meter..karna ada banyak faktor yang sangat menentukan dalam,..mendirikan sebuah dermaga.

  130. sebelumnya saya memperkenalkan diri nama saya Akhirta bestopiron,ST
    saya menanyaka beberapa point pada bapak sehubungan dengan pelaksanaa pekerjaan dermaga
    1.pada daerah yang akan dilakukan pelaksanaan pekerjaan dermaga secara garis besar bisa saya ceritakan bahwa daerah tersebut topografi launta berkarang sekitar lebih kurang 7 meter dari tepi pantai berkarang dan apabila air laut surut maka ponton pembawa pancang ke titik pemancangan akan kandas.apakah bisa disiasati dengan penggunaan tower Crane dimana letak penumpukan Pancang jauh dari daerah yang akan dipancang.
    2.dalam pelaksanaan pemancangan untuk menentukan titik koordinatnya apakah bisa kita lakukan hanya dengan menggunakan 1 theodolit saja dan kalau tidak saya minta saran alat apa saja yang dibutuhkan untuk ketepatan titik koordinat pemasangan tiang pancang.

  131. Jika kita ingin membangun suatu pelabuhan, pada kondisi pantai yang dangkal, ada beberapa alternatif yang perlu kita lakukan. dua diantaranya adalah: 1. untuk alur pelayaran menuju pelabuhan, dilakukan pengerukan atau dredging. 2. Pelabuhan direncanakan dengan sistim Jetty yang menjorok ke laut, hingga ditemukan kedalaman dasar laut yang cukup sesuai dengan ukuran kapal yang akan berlabuh. sistim seperti ini sangat banyak di indonesia seperti yang ada di Asahan SUMUT, pelabuhan INALUM, Pelabuhan CPO Multi mas, dan Pelabuhan Dairi Prima Mineral yang saat ini sedang kami kerjakan. ketiga pelabuhan tersebut memiliki pantai yang landai. sehingga ketiga pelabuhan tersebut menjorok ke laut hingga 2 km.

    Dalam mendirikan sebuah pelabuhan, tidak selalu harus memiliki gugus karang. Dengan jenis tanah Clay yang memiliki kohesi tanah yang baik juga bisa didirikan pelabuhan yang baik.

    kondisi ombak yang besar tidak menjadi halangan untuk membangun suatu pelabuhan. yang perlu diperhatikan adalah seberapa penting pelabuhan tersebut dan seberapa besar hasil yang diperoleh setiap tahunnya dalam masa umur desain. sehingga kita bisa menghitung apakah sebanding antara biaya yang kita keluarkan untuk membangun suatu pelabuhan tersebut dengan hasil yang akan diperoleh.

    Nothing imppossible with civil engineering..
    perinsip ini perlu anda pegang sebagai calon-calon engineering. dan jangan pernah menganggap sesuatu itu sulit.. semua mungkin untuk dilakukan, kecuali ada satu yaitu manusia tidak bisa membuat nafas kehidupan…

  132. pak, kalau misalnya laut yang seperti/ semacam pantai selatan apabila dibuat /dibangun pelabuhan, bagaimana sistemnya yang bagus. Memakai jenis pelabuhan yang seperti apa??
    Karena setelah dilihat lagi, disana pantainya dangkal, tidak memiliki gugus karang, tapi ombaknya besar.
    tolong dibantu, dijawab di email saya ya pak.
    Saya sekarang masih kuliah di ITS semester 5.
    Tolong dibagi ilmunya.
    terima kasih

  133. pak budi, kalaupun bentuknya bundar, itu sama saja, yang penting anda pahami adalah letak titik sentris dari capping tersebut untuk diteruskan ke tiang pancangnya.

  134. contoh design yang bagus,.. tetapi sy punya pertanyaan.. kalo pile capnya tidak kotak atau bundar gimana ? apa perhitungannya sama ya, bang?
    mohon d jawab ya bang..

  135. saat ini belum ada. karna semua waktunya masih tersita pada pekerjaan. mudah-mudahan dihari-hari mendatang menulis buku itu bisa tercapai. karna memang itu juga merupakan keinginan saya.

  136. maaf pak, kalo beleh tau bapak ada menulis buku tentang desain baja lengkap dengan aplikasi dilapangan,

  137. Saya tidak memaklumi anda karna anda masih kuliah, tapi saya bisa memaklumi anda karna anda mungkin belum mengerti. yang perlu anda ketahui adalah Bahwa SNI sangat banyak sekali, dan kita akan menggunakannya sesuai dengan yang kita butuhkan. dalam satu kasus design, misalnya Perencanaan Pangkal Jembatan dengan fondasi Tiang, ada beberapa SNI yang dipakai, misalnya: SNI 03-2451-1991, tentang Spesifikasi pilar dan kepala jembatan beton
    sederhana bentang 5 m sampai dengan 25 m dengan fondasi tiang pancang, SNI 03-2532-1991, SNI 03-2546-1991, SNI 03-1725-1989, Tata cara perencanaan pembebanan jembatan jalan raya, SNI 03-2833-1992, Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk jembatan jalan raya, SNI 07-2052-2002, Baja tulangan dll. Belum lagi Beberapa SNI yang mengatur tentang Spesifikasi Tanah. jadi anda harus menggunakannya sesuai dengan peruntukannya.

  138. mas..

    disain ini ada sni nya ga ya?

    maaf.

    maklum saya masi kuliah..

  139. bagus


Leave a comment

Categories