Posted by: Sinaga | 18 February, 2010

Perlu kehati-hatian akan output SAP 2000 v.11

Perlu kehati-hatian akan output SAP 2000 v.11 (SAP2000 v.11 itu tidak salah, tetapi kita harus pahami perinsipnya dan perjanjian tanda akan nilai output nya).

Ada org bertanya kepada saya, kenapa Analisis balok sederhana dengan beban merata sepanjang balok, menggunakan SAP 2000 v.11, menghasilkan momen negatif. disini saya memberitahukan kepada anda yang belum mengetahuinya, bahwa nilai yang dihasilkan dari analisis SAP 2000 v.11 sama dengan hitungan manual, tetapi dalam SAP 2000 v.11 nilai tersebut bertanda negatif, oleh sebab itu kita harus lebih teliti dalam setiap analisis yang kita lakukan, memang saya juga mengakuinya bahwa ada kekeliruan itu. sebenarnya SAP 2000 v.11 itu tidak salah, hanya saja, perinsipnya kita harus pahami dan perlu kehati-hatian. dan anda jangan langsung merubah perinsip tersebut secara menyeluruh, karna dilain pihak, perinsip yang selama ini kita tau, masih tetap sama dengan perinsip yang dipakai SAP 2000 v.11 dalam hal Trus (Rangka batang), bahwa disana batang tekan bertanda negatif dan batang tarik ber tanda positif. saya terus mengikuti perkembangan SAP 2000 mulai dari v.7, hingga saat ini yang terbaru adalah SAP 2000 v.14. diantara kesemuanya itu yang terbaik adalah v.14 dan v.9. dan diantara keduanya yang terbaik adalah v.14.


Responses

  1. bisa minta alamat email pak Sinaga?

  2. permisi mau nanya, saya juga pengguna baru sap2000 v.11, saya juga bingung mengapa momennya yang seharusnya positif bertanda -, perjanjian tandanya seperti apa ya maksudnya? saya sudah mencoba membaca help tapi tetap belum mengerti
    terima kasih

  3. horas bah…. gimana kerjaan lae.

  4. wah bagus sekali pak web nya, saya mahasiswa teknik sipil ingin banyak belajar dgn bapak.. terimakasihūüôā

  5. bupka’s online menyediakan buku terpakai (used books) berkualitas dan asli original dengan harga miring,banyak buku teknik. silahkan kunjungi
    http://bupka.wordpress.com

    buku SAP2000 yg dibicarakan diatas, ada stok saat ini. silahkan liat2 lainnya juga.


Leave a Reply

Categories

