Posted by: Sinaga | 3 May, 2012

Urutan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Pelabuhan

Section of Loading JettyConstruction method / sequence of work
Ini adalah salah satu cara urutan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi dermaga mulai dari pemancangan tiang pancang, pemasangan bracket, pemasangan base form, pemasangan tulangan, pemasangan side form, pengecoran balok, pemasangan precast slab, pemasangan tulangan slab, pengecoral plat/slab. AGAR SUPAYA FILE DLM BENTUK PRESENTASI INI TIDAK BERANTAKAN, maka pile tersebut diproteksi, sehingga urutan dari metode konstruksi tersebut tetap beraturan. namun demikian tetap saja dapat di buka tuk dipelajari dan di presentasikan dengan status (READ ONLY). Mohon maaf untuk ketidaknyamanan ini agar file tersebut tidak berantakan.Download Construction method / sequence of work / urutan pelaksanaan pekerjaan konstruksi dermaga

Responses

  1. Dear Pak L.sinaga,
    Saya tertarik mempelajari Urutan pelaksanaan konstruksi dermaga
    tolong kasih pasword filenya…..

    Salam

    Sulaiman
    email : Sulaimansaidi@gmail.com

  2. terima kasih pak Sinaga atas informasinya. saya baru belajar tentang konstruksi pelabuhan dan sudah download file “Urutan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Pelabuhan”. saya minta ijin membuka file tersebut bapak.
    terimakasih.

  3. selamat pagi pak…..
    saya mendapat tugas dari dosen menejemen proyek tentang metode konstruksi jadi saya mohon sekiranya bapak mau membagi paswordnya
    tolong dikirim ke email saya lailatulvivi@yahoo.co.id

  4. Terima kasih Pak Sinaga, Saya download file Urutan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Pelabuhan. Tapi untuk buka file password nya apa ya? Bapak bisa email saya di: izzah_ra@ymail.com,

  5. tolong paswordx dong p’ supaya filex bisa kami pelajari untuk kami yang masih awam…. makasih banyak p L. Sinaga, semoga ilmu bpk bermanfaat kirim ke iccang_net@yahoo.com

  6. perkenalkanka kami PT.BETA PRIMA UITAMA broker untuk penerbitan Bank Garansi & Surety Bond, dimana kami menerbitkan Bank Garansi tanpa ada Collateral / Agunan.
    untuk info lebih lanjut silahkan hub: 081383032645 / 021- 32295832
    denganIsmail

  7. Salam kenal Pak Sinaga, saat ini saya sedang terlibat dalam pelaksanaan Pelabuhan Sungai di Kalimantan.
    1.Mohon sarannya pak…untuk metode yang tepat untuk pembuatan listplank fender di sungai besar kalimantan (data : dalam/tinggi listplank Fender 5.5 meter dan Pasang-Surut air sungai cepat sekali)
    2. Mohon dibantu gambaran metodenya untuk pengecoran beton di dalam air deras.
    3. tks bantuannya.

  8. Selamat Siang Pak Sinaga,
    saya mau tanya apakah pak sinaga ada kenal perusahaan yang bisa mengerjakan breasting dan mooring dolphin.

    silahkan email ke mozana_cp@yahoo.com

  9. PAGI BANG
    boleh kira nya saya meng copy teknis pengerjaan dermaga…salam fazar si torus.pane.

  10. lebih banyak pelabuhan lebih baik sebab akan mencegah abrasi dan sunami namun kontruksinya sebaiknya bentuk R tampak dari atas lokasi pelabuhan di kabupaten sinjai yg berpotensi desa bringen dan dumme ..

  11. Terima kasih Pak Sinaga, Saya download file Urutan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Pelabuhan. Tapi untuk buka file password nya apa ya? Bapak bisa email saya di: naftalijarin@gmail.com.

    Salam,
    Naftali Jarin

  12. bos, mohon pencerahan cara menentukan titik pancang dengan TS mengingat kita kerja di laut. kalo tiang miring 1:8, kepala hammer dan posisi crane gimana bos sewaktu pemancangan dan menentukan titiknya gimana, susah gak?

  13. Sekedar info,menerima jasa pancang khusus sheetpile berbagai jenis.dngan alat vibro,laut dan darat.dngan kualitas jamin 99%,dengan operator special.dgn tata kerjanya yg tak ragu lagi hub 081378880883

  14. pak ,mau tanya apakah pemasangan sheetpile beton yang ada waktu pemancangan tidak terkait bibiran nya dengan baik bisa aman dengan hanya menggunakan balokan dikepala sheetpile dan jangkar tarik saja?seberapa besar pengaruh dari tidak rapatnya bibir sheetpile,trims

  15. kami minta kepada bapak mengevaluasi dan merealisasikan pelabuhan pelni kabupaten sinjai kalo bisa di pindahkan di pasagkue desa ke camatan sinjai timur sebab di lappa muara sungai…dan jembatan tui -teklam belum terealisasi terimah kasih ..atas bantuanya..

  16. Saat ini kami merencanakan untuk membangun Jetty untuk CPO khususnya apa boleh kami dibantu bang menyusun proposal RAB untuk itu
    Terima kasih sebelumnya
    Salam
    Thadeus D
    087840283908

  17. Tereima kasih atas tersedianya langkah langkah dalam perencanaan Jetty membuat saya lebih berkembang untuk pengetahuan bangunan air!

  18. mau tanya dong. bagaimana cara pemasangan “spalsh guard” ?????

  19. @eliesertolingi.yahoo.co.id
    met sore pak blh kag sy melihat tahapan apa saja dlm pembuatan pelabuhan! krn sy mw bljr dlm tugas ini

  20. mohon bantuanya tulang.karna akhir desember terakhir.email saya tambunanlamron@yahoo.com.terima kasih banyak sebelum nya tulang.

  21. horas tulang.,
    Nama saya lamron Tambunan.saya kuliah di bengkulu fakultas teknik jurusan teknik sipil.saya sekarang mengambil mata kuliah pelabuhan dan harus menyelesaikan tugas wajib.saya mendapat kan tugas membuat sketsa gambar pelabuhan barang lengkap.saya minta tolong sama tulang kalaw ada gambar pelabuhan barang kirim ke email karna mau saya pelajari.tolong tulang.terimaksih.

  22. pak lambutan sinaga yg terhormat
    knp data yg sy download dr web bpk kok terkunci
    apakah tdk bs memang y dibuka!!!
    aq px tgs dr dosen ttg metode pelaksanaan pelabuhan

  23. Horas Bang….salam kenal
    Begini bang saya adalah geologist (Yogya juga) sangat tertarik dengan artikel2 abang. Bang bisa kan dibuatkan tulisan ttg kontruksi jetty urug dan RABnya….kalo dirasa kesulitan please email to : ayeclubs@googlemail.com

    Makasih sebelumnya Bang Sinaga.

  24. salam pak sinaga, maat sy numpang iklan….
    bagi rekan-rekan yang membutuh kan mastik tape bisa menghubungi saya,,,,,,,,,,,
    widodo
    hp. 081315518685
    indotapemitrautama@yahoo.com

  25. Dear pak L.Sinaga,

    Pak, saya mohon diberikan password filenya…. karena saya udah download tapi ternyata pakai password. tolong dikirim ke sunoto_st@yahoo.com

    thanks n regards

    Sunoto

  26. Selamat mlm bg,

    Berdasarkan pernyataan abang, sy ingin menanyakan:
    1. Apakah bracket yg dimaksud abang adalah poer?
    2. Embedded anchor fungsinya apa dan bagaimana cara pemasangannya?

    Sejujurnya bg sy mengalami kesulitan dalam sequence of design pile cap of Breasting Dolphin dan Mooring Dolphin.
    Dapatkan abg menjelaskan urutan pengerjaannya?Bagaimana dalam perencanaan gaya2 dalam yg bekerja pile cap dan tiang pancang?
    Koreksi sy jika slh, selama ini sy memahami pile cap dapat direncanakan memlalui 2 sistem, yaitu:
    1. Sisten kolom, balok, dan pelat dimana pile mempunyai prilaku sebagai kolom pendek.
    2. Sistem kolom dan pelat dimana pile cap dimodelkan sebagai pelat dimana perencana harus menghitung kapasitas punching shear.

    Apakah abang bs menjelaskan secara rinci konsep perencanaan pile cap di SAP atau etabs serta sequence of pekerjaan ple cap di BD dan MD?jika abang berkenan,sy jg mnta tlg abang untuk berkenan bgm cara perencanaan joint2 yg terjadi nantinya.sbb sy msh blm mempunyai bayangan secara jelas.

    Sy mohon sekali bantuan abg.Jika abg bermasalah mengalami publikasi perencanaan yg abg telah lakukan, abang kiranya berkenan memberikan penjelasan perhitungannya ke email sy: tamado.daniel@gmail.com.

    Terima kasih atas ketersediaan abang untuk membaca pesan saya.
    Gbu.

  27. Selamat sore bg,

    Berdasarkan pernyataan abang, sy ingin menanyakan:
    1. Apakah bracket yg dimaksud abang adalah poer?
    2. Embedded anchor fungsinya apa dan bagaimana cara pemasangannya?

    Sejujurnya bg sy mengalami kesulitan dalam sequence of design pile cap of Breasting Dolphin dan Mooring Dolphin.
    Dapatkan abg menjelaskan urutan pengerjaannya?Bagaimana dalam perencanaan gaya2 dalam yg bekerja pile cap dan tiang pancang?
    Koreksi sy jika slh, selama ini sy memahami pile cap dapat direncanakan memlalui 2 sistem, yaitu:
    1. Sisten kolom, balok, dan pelat dimana pile mempunyai prilaku sebagai kolom pendek.
    2. Sistem kolom dan pelat dimana pile cap dimodelkan sebagai pelat dimana perencana harus menghitung kapasitas punching shear.

    Apakah abang bs menjelaskan secara rinci konsep perencanaan pile cap di SAP atau etabs serta sequence of pekerjaan ple cap di BD dan MD?jika abang berkenan,sy jg mnta tlg abang untuk berkenan bgm cara perencanaan joint2 yg terjadi nantinya.sbb sy msh blm mempunyai bayangan secara jelas.

    Sy mohon sekali bantuan abg.Jika abg bermasalah mengalami publikasi perencanaan yg abg telah lakukan, abang kiranya berkenan memberikan penjelasan perhitungannya ke email sy: tamado.daniel@gmail.com.

    Terima kasih atas ketersediaan abang untuk membaca pesan saya dan merespon. Tuhan memberkati.

  28. Permisi Pak Sinaga, maaf nih numpang iklan yah..
    Sekedar untuk teman2 yang sulit mencari steel sheet piles.
    Kalau mau tanya2 dahulu juga boleh, kami bisa memberikan advise juga.

    Apabila membutuhkan steel sheet piles, kami menyediakan berbagai jenis produk steel sheet piles yang dapat dipilih.

    Skema transaksi yang ditawarkan pun bermacam – macam, mulai dari beli, sewa, dan kami juga melayani buyback.

    Silahkan menghubungi kami di

    PT. ORIENTAL SHEET PILING
    Graha Iskandarsyah lt. 6
    Jl. Iskandarsyah Raya No. 66 C
    Kebayoran Baru – Jakarta Selatan 12160
    Telp : 021-7206890 / 2702388
    Fax : 021-7230882

    Up. William / Bun Lipki
    Email. william.santoso@orientalsheetpiling.com
    bun.lipki@orientalsheetpiling.com

  29. Selamat Sore bpk Sinaga,

    Perkenalkan sy mahasiswa Tek. Sipil, sy sedang mencari referensi gbr proyek Jetty (dlm btk dwg) sbg latihan tugas Manajemen Konstruksi. apabila bpk Sinaga berkenan mohon bantuannya ini alamat email sy: yandika_lontoh@yahoo.com
    terima Kasih

  30. ass..pak nama sy Aya..kali ini sy sdng mmbuat skripsi dg judul perhitungan design fender dermaga akibat benturan kapal..mohon bantuannya pak..karena sy bingung harus mulai dr mana..data apa yg harus di peroleh terlebih dahulu..dan apa sj buku referensinya pak
    (Nb.simpan no hp sy pak krna sy jarang mmbuka internet..085263551988

  31. Thx bg bwt share-nya.Ijin sedot.

    Regards,
    Daniel

  32. mhon bantuannya pak,bagaimana cara menentukan panjang dermaga untuk kapal kayu bila diketahui DWT kapal 5000 ton,mhon bantuannya pak,trimakasih sebelumnya

  33. Selamat siang pak.
    Saya sudah mendownload “Download Construction method / sequence of work / urutan pelaksanaan pekerjaan konstruksi dermaga”, setelah saya download masuk ke power point tapi meminta password, karena saya tidak tau password’a akhir’a saya pilih read only n hasil power point’a acak2an berjumlah 1 slide az.
    Saya minta password power point’a dong pak ?

  34. mohon bantuan info….password power point
    makasih

  35. trimaksih untuk modul…ny,
    tlg di kasih password

  36. pak sinaga..
    maaf pak..
    saya mau tanya ttg modul atau peraturan dalam design jetty, mooring and breasting dolphin pak
    punya bukunya gk pak?
    bwat tugas akhir saya pak
    terima kasih

    nih alamat email saya
    aanggoro113@gmail.com

  37. salam sejahtera, pak
    nama saya masriufddin
    saya mau tanya cara menghitung dermaga ponton pasang surut dan spesifikasi atau rencana kerja dan syarat2

  38. mohon password untuk membuka file tersebut.
    terima kasih.

    salam kenal

  39. Dear pak
    saya baru download file urutan pelaksanaan pekerjaan pelabuhan.
    Untuk membuka file tsb, tolong bisa diberikan password nya, bisa dikirim kealamat email sy
    terima kasih

    Salam

  40. selamat siang dan salam kenal pak
    mohon penjelasannya bgmn cara mendownload file yg ada d blog bpak, karena setelah saya download, ternyata file powerpointnya tdk bsa dbuka dan dipassword, saya sangat tertarik dan berminat mempelajari metode konstruksi pelabuhan ini pak, thks.

  41. Yth. Bpk Lambutan Sinaga

    Perkenalkan, nama saya Anteng. saya mau tanya mengenai aplikasi penggunaan tiang pancang untuk SPBN (Stasiun Pengisian Bahan bakar Nelayan) di daerah Riau.
    Terimakasih

  42. Yth Bang Sinaga,

    Salam kenal yach bang..
    Bang, bisa didetailkan lagi sequence of worknya..?soalnya spertinya trlalu global dech..misalkan item2 dr pekerjaan pilling work apa saja dst..

    Klo abang keberatan, mngkin bs dibantu by private email ke saya aja..

    Terima kasih atas bantuannya.

    Davon.

  43. pak mohon passwordnya, terimakasih

    nailulabror@ymail.com

  44. @Dedy, Cara mendesain terlebih dahulu diawali dgn menghitung energi tumbukan terhadap Jetty. dalam blog ini ada cara analisisnya dgn judul Cara mendesain Jetty. selanjutnya jika semua gaya2 yg bekerja terhadap struktur jetty tersebut sudah dipahami (gaya benturan kapal, gaya reaksi fender yang timbul, gaya arus, gaya ombak, gaya angin pada sisi kapal yg di transformasikan pada bollard, gaya gempa, beban mati, beban hidup, beban bergerak saat operasi (truck, crane, dll) tentunya akan masuk pada perhitungan struktur, tergantung dari fungsi dari dermaga tersebut. dari analisis struktur tersebut, tentunya anda jga harus mendesain fondasinya, sesuai dgn data soil investigasinya. disamping itu anda juga harus menentukan elevasi dari jetty tersebut, berdasarkan data pasang surut yang ada. coba anda lihat dalam blog ini “CARA MENDESAI FENDER”, itu akan memberikan gambaran. tidak terlalu sulit untuk mendesain dermaga, asalkan pemahaman anda akan analisis struktur dan geoteknik sangat baik.

  45. Dear Pak Sinaga,

    Saya sedang belajar mendesain jetty untuk kapal 300 DWT di sungai musi.
    Bagaimana cara mendesain jetty dan formulasi fisika untuk desain tersebut ?.
    Apakah bapak mempunyai contoh desain jetty beserta data-data awal sebagai inputan dan jika bapak berkenan bolehkah saya dishare pengetahuan itu ?.

    Mohon untuk dikirim via email saya : deddymaulana@yahoo.com

    Terimakasih banyak atas ilmunya.

    Regards,
    Deddy

  46. Yth.Pak Lambutan Sinaga
    Perkenalkan, nama saya jones

    Mohon bantuan Bapak mengirimkan materi Jenis-jenis Pondasi Konstruksi Pelabuhan dan mohon ijin paswordnya untuk download construction methodnya.
    Tx bantuan dan mohon respon dari Bapak melalui email ; gtg.jones@yahoo.com.
    Gbu

  47. pa ,tlng kirimim saya metoda pelaksanaan pekerjaan pelabuhan dan jembtan

  48. ma ksh sebelumnya pa

  49. pa perkenalkan:nma sya dusta lagaor

    pa tolong kirim urutan pelaksanan konstruksi dermaga dan jembatan gantung

  50. Pak saya mau tanya mungkin simple menurut bapak, namun saya awam sekali… mohon sharenya.. saya ada melihat bangunan dermaga dengan causeway, trensle dan dermaga yang mau saya tanyakan pada saat pemasangan batu kosong pada causeway tersebut bagaimana pelaksanaannya mengingat adanya air pasang dan air surut, kalu dari gambar tersebut ada data pasut, memang LWS (low Water sea) berada sedikit dibawah pasangan batu kosong yang nantinya di pasang pada causeway tersebut, namun apakah ikita hanya bekerja jika air surut saja, atau apakah kita membuat semacam bendungan untuk membentung air pada saat pasang?? jika itu metodenya apakah tidak terlelu mahal (mengingat bendungan itu hanya di pasang sementara dan panjang sekali??)
    thanks sebelumnya pak sinaga

  51. @hananto, Dalam mendesain Jetty, data2 lapangan yang diperlukan adalah: Data Topografi (kontur tanah), Hydrograpi (kontur dasar laut, data pasang surut, arus dan gelombang, arah arus dominan), data tanah (SPT dan atau Sondir) termasuk data laboratorium. data zona seismic daerah tsb, data kecepatan korosi diwilayah tersebut, data tingkat kecepatan sedimen. Data angin, arah angin dominan.

    dalam mendesain Jetty, tidak cukup hanya dgn data tersebut, harus jg memperhatikan: Fungsi dari Jetty tersebut, jenis dan ukuran kapal yg akan bersandar (ukuran max dan ukuran min) untuk menentukan panjang jetty dan elevasi jetty, umur desain jetty, dari kondisi lapangan dan kondisi tanah serta umur rencana akan menentukan pemilihan jenis material fondasi tiang pancang, apakah dgn concrete spun pile atau harus dgn steel pipe pile.

    secara mendasar itulah data2 yg diperlukan untuk mendesain sebuah dermaga atau Jetty.

  52. Bang sinaga,

    boleh saya tanya untuk design jetty, data2 environmental apa saja yang diperlukan untuk design jetty?

    boleh di share ndak contoh design jetty.

    terimakasih banyak
    Hananto
    hananto.adi@gmail.com

  53. Terima kasih pak Sinaga sudah menjawab pertanyaan saya.
    Boleh nanya lagi ya Pak. Bagaimana menentukan lokasi pembuangan material dregding di pelabuhan. Apakah ada rumus persamaan matematilanya.
    Terima kasih buaaanyak.

  54. Terimaksh pd pak Sinaga yg sudah menjawab pertanyaan saya.
    Boleh bertanya lagi ya pak….
    Bagaimana cara menentukan lokasi pembuangan material dredging, apakah ada rumus persamaan matematikanya?
    terima kasih buaaanyaaak.

  55. @Bellyanto, saya tidak bisa mengatakan bahwa sheet pile 12 m bisa digunakan. tentunya harus melakukan investigasi dulu mengenai data hydrografi dan tofografinya termasuk soil test nya.
    disamping itu kita jg harus melakukan analisis terhadap ukuran barge atau kapal yg akan sandar, kondisi pasang surut nya, yaitu untuk menentukan elevasi dermaganya, karna ini juga menentukan panjang pile yg dibutuhkan.

    Dalam hal desain, saya jg menerima desain pelabuhan secara profesional bersama team kami. beberapa pelabuhan telah pernah kami desain. jika bapak punya perusahaan, kami bisa melakukan desainnya atas nama perusahaan bapak. terimakasih.

  56. @wiwinurzanah, Fasilitas offshore,..kalimatnya kurang tepat..tpi saya bsa memahami maksud anda,..karena pengeboran minyak di lepas pantai jg merupakan offshore. lebih tepatnya adalah fasilitas pelabuhan.

    Dalam menentukan setiap fasilitas dipelabuhan, termasuk kolam pelabuhannya, pemecah gelombang dan fasilitas sandar kapal ditentukan beberapa faktor:
    1. Tinggi pasang surut (untuk menentukan tinggi elevasi dermaga, mooring dolphin, bresting dolphin, dll)
    2. Arah datangnya gelombang (untuk menentukan arah pemecah gelombang)
    3. Ukuran Kapal terbesar yang akan sandar (untuk menentukan kedalaman alur dan menentukan elevasi dermaga)
    4. Ukuran kapal terkecil yg akan sandar (untuk menentukan elevasi fender dan jarak antar fender)
    5. Kecepatan sedimentasi di kolam pelabuhan (untuk menentukan perlu tidaknya pengerukan dan menetapkan periode pengerukan area kolam pelabuhan)
    6. Jenis kapal yang akan bersandar (untuk menentukan fasilitas di area pelabuhan. tentunya fasilitas untuk kapal tanker, berbeda dgn kapal kontainer atau kapal kargo,..dll)
    7. Jumlah lalulintas kapal yg akan bersandar setiap harinya (untuk menentukan seberapa panjang dermaga yang akan dibangun)
    8. Dalam hal jika kapal terbesar yg akan bersandar hanya sedikit misalnya cuma 1 kali dalam 1 minggu,..tentunya alur pelabuhan tidak serta merta ditentukan oleh kapal terbesar tersebut,..kita harus mempertimbangkan akar kapal tersebut boleh bersandar saat kondisi air pasang)
    9. faktor lain adalah Investasi,..(seberapa lama umur desain pelabuhan tersebut akan memberikan profit sesuai dengan yang direncanaka??)

  57. Salam kenal pak Sinaga. Mohon bantuannya pak. Saya mau bertanya mengenai offshore. Sekarang ini saya lagi menyelesaikan tugas akhir saya. Paramater apa saja yg perlu diperhatikan dlm membangun fasilitas offshore di pelabuhan, terhadap berat kapal maupun kedalaman laut untuk mentukan letak kapal berlabuh. Sy melakukan studi kasus di pelabuhan Belawan utk manajemen pelabuhan.
    terimakasih pak.

  58. Salam kenal….
    Saya Yusi Mahasisiwi Bandung yang sedang melakukan penelitian tentang suatu pelabuhan.Pak saya mau tanya apakah Bpk mempunyai dokumentasi video tentang pembuatan suatu dermaga?
    Kalo misalkan punya,apakah boleh saya memintanya?
    Terima Kasih

  59. Dear Bpk Lambutan Sinaga
    salam kenal, mohon informasi saya berencana membuat pelabuhan type whafrt panjang 80 x 20 M di tepian muara sungai wain besar kariangau Balikpapan
    untuk siring apa bisa cuma memakai pancang sheetpile 12 m, mengingat kondisinya lumpur dengan kedalaman 4 m, hasil sonding 14 sd 18 m
    supaya pancang sheetpile tidak roboh kena tekanan tanah permukaan , gimana gambar tekniknya
    apa mempunyai info tentang konsultan / kontraktor di bidang bangunan pelabuhan yang domisili di sekitar balikpapan?
    Terima kasih atas info yg bpk berikan
    salam
    belly
    HP 08115423140

  60. pak maaf mau tanya,,, saya sedang skripsi jetty,, saya mw tanya, saya pernah melihat posisi jetty (dimuara sungai) tidak tegak lurus pantai tapi agak miring sekitar 15 derajat kearah kanan ( terletak di pantai utara dan arah angin dominan dari barat laut), dan posisi jetty satunya tetap tegak lurus sehingga mulut jetty yang terbentuk dari kedua jetty tersebut agak mengkerucut… knapa bisa demikian? faktor2 apasajakah yang mempengaruhinya,, apakah berpengaruh juga bagi pengamanan muara nya? tolong dijelaskan.. Terima kasih..

  61. pak,

    mohon batuannya password utk file construction-method1.ppt.

    bs dikirim ke email: suka.info@yahoo.com

    terima kasih ya.

    salam hangat.

  62. pa dapatkah mengirimkan materi tentang teory,jenis,desain dan penyelenggaraan pelabuhan.melalui e_mail saya :tyan_iskandaralam@yahoo.com.thank’s seblmx,,,,,

  63. pak perkenalkan nama sy ery
    disini sy mohon bantuan gmn caranya sy bisa mendapatkan gambar pelabuhan minyak (CPO) dan nama – nama struktur apa apa saja yang ada pada pelabuhan tersbut.
    terima kasih pak mohon informasinya

  64. Dear Pak.
    Saya ingin mendesign bangunan tambat labuh perahu dan pembuatan sedimen trap atau jetty di muara pelabuhan. Saya mohon bantuan bapak data-data apa saja yang ingin diperlukan dan jika bisa untuk sekaligus mendesignnya. Trims sebelumnya.

  65. Pak L. Sinaga
    setelah saya download file bapak dan akan saya buka ternyata minta password, minta tolong passwordnya apa pak,soalnya saya butuh banget utk pelaksanaan pekerjaan di Paiton.
    Terima kasih banyak atas ilmu ilmu bapak

  66. pak.. tolong dikirimkan metode cara- cara pelaksanaan konstruksi pelabuahan serta contohnya dan jenis- jenis pelabuhannya. karena saya seorang mahasiswa . trimakasih atas bantuannya.

  67. selamat siang pak,,,
    saya ingin bertanya,bagaimanakah cara kerja pemasangan base form,pemasangan side form, pemasangan tulangan, dan pemasangan tulangan slab???

  68. @agustian, anda tinggal klik file tersebut & save.. thanks..

  69. selamat siang dan salam kenal pak….
    mohon diberikan penjelasannya bgmn cara mendownloud file yg ada, karena saya sangat tertarik dan berminat mempelajarinya, thks.

  70. selamat siang dan salam kenal pak…..
    mohon penjelasannya bgmn cara mendownloud file yg ada, karena saya sangat tertarik dan berminat untuk mempelajarinya, terimakasih banyak atas bantuannya.

  71. @jay, Kembali kasih…

  72. @arjuno, terimakasih kembali..

  73. tolong saya untuk bahan “perancangan pelabuhan” Trims atas bantuannya..

  74. selamat siang pak, mohon diberikan penjelasan bagaimana cara mendownload file “urutan pelaksanaan kontruksi pelabuhan” diatas?

  75. Terima kasih atas ilmunya Pak.
    Salam Hormat.

  76. Dear Pak Sinaga
    Saya sedang menyusun metode kerja perbaikan fender untuk tender>
    trims pak atas sumbangan pengetahuannya..

  77. dear Pak L.Sinaga
    saya tertarik untuk download method contruction dan urutan pekerjaanya mohon ijin paswordnya apa pak

    terimakasih

    Salam

  78. dear pak L.Sinaga
    saya tertarik dan mau download method contruction dan urutan pekerjaanya mohon ijin paswodrnya apa pak

    terimakasih banyak
    salam
    Supriyadi

  79. Pak Lambutan Sinaga, Ysh.
    Perkenalkan nama saya Faber Hasibuan

    Mohon bantuan Bapak mengirmkan materi Jenis-jenis Pondasi Konstruksi Pelabuhan dan dipelabuhan mana di Indonesia dipergunakan Jenis Pondasi Konstruksi tersebut.

    Terima kasih atas bantuan dan pencerahannya, dan mohon respon dari Bapak melalui email fabers@telkom.co.id Mauliate. horas.

  80. Salam kenal pak mau nanya nih untukDownload Construction method / sequence of work / urutan pelaksanaan pekerjaan konstruksi dermaga ada password yang harus di masukkan klo boleh tau apa yah passwordnya terima kasih pak

  81. mohon maaf pak, saya minta info mengenai apa saja jenis-jenis alat (permesinan) baik berat ataupun non- alat berat yang ada di pelabuhan, untuk materi kuliah saya pak, terim kasih sebelumnya.

    Dimmiy
    perkapalan UI

  82. terimakasih atas infonya pak……….

  83. RUDY, SECARA GARIS BESAR, urutan pelaksanaan konstruksi dermaga sudah saya jelaskan dalam blog ini, dan itu dapat anda unduh dalam blog ini.

    sesungguhnya dalam engineering, kita bukan seperti pabrik yang memproduksi suatu barang dengan proses nya yg selalu sama secara terus menerus. tetapi dalam dunia konstruksi, sekalipun jenis pekerjaannya sama, tidak serta merta semua proses yg pernah dilakukan sebelumnya harus dilakukan lagi secara persis sama. karna sekalipun jenis pekerjaannya sama, bisa saja metode kerjanya berbeda.

    metode kerja dalam pekerjaan konstruksi dipengaruhi oleh: medan areanya, lokasinya, ketersediaan alat, tinggi pasang surut di lokasi tersebut, waktu, dan biaya. juga dipengaruhi oleh material yg digunakan. semua ini sangat mempengaruhi terhadap alat2 yg akan digunakan. jenis alat yg digunakan akan mempengaruhi metode kerja yg akan ditentukan.

    semoga ini bisa memberikan pemahaman bagi anda.

  84. terima kasih atas bantuannya

  85. pak,tolong bantuannya untuk penjelasan urutan pelaksanaan konstruksi dermaga dari awal sampai tahap akhir

  86. Dear Pak,

    Terima kasih atas infonya, amat bermanfaat.

    Salam, Agreice

  87. Fahmi, Setiap perubahan metode kerja yang telah direncanakan sebelumnya HARUS mendapat persetujuan dari owner/direksi/Konsultan. Setiap ada analisis dan perhitungan juga harus mendapat persetujuan dari owner/direksi/Konsultan.

  88. salam pak. (mau tanya-tanya).
    Dalam menjalankan suatu poggres pekerjaan pasti selalu menggunakan metode yang telah direncanakan sebelumnya (tercantum dalam metode pelaksanaan pada saat penawaran). Kalau kita menggunakan metode lain dalam menjalankan proyek tersebut boleh apa tidak (apa perlu persetujuan dari owner/direksi). Toh kalupun boleh , apa harus dilampirkan perhitungan secara teoritis (baik bersifat struktural atau yg berkaitan dgn proggres kedepannya). makasih…..

  89. Mas Pindo, sejauh ini Fender merupakan alat yang paling banyak digunakan untuk meredam energi tumbukan dari kapal..

  90. untuk meredam dampak impact dari kapal apa ada solusi teknologi dumper yang dapat digunakan ? mohon bantuannya

  91. metode pengambilan data untuk pelabuhan sungai dengan laut gimana caranya pak..mohon saran

  92. Dear Pak Sinaga,

    Adakah batasan panjang, kedalaman dan lebar retakan dari concrete spun pile yang rusak yang masih dapat diperbaiki menggunakan steel jacket + grouting (SIKA), apakah sampai benar2 terputus?
    tks.
    Salam,
    Nandan Firdaus

  93. Dear pak L.Sinaga

    Terimakasih atas infonya, penjelasan bapak sangat menolong bagi saya.
    Salam hangat,

  94. setelah melihat lebar retak yang terjadi pada pile tersebut, maka pile tersebut secara struktural tidak bisa difungsikan lagi. jadi usulan saya sebelumnya, yaitu dengan menggunakann STEEL JACKET tidak dapat digunakan. Usulan saya selanjutnya untuk memperbaiki struktur jetty tersebut adalah dengan melakukan pemancangan tiang baru disekitar pile yang rusak tersebut. sesungguhnya photo yang anda kirim belum cukup untuk menentukan metode pelaksanaan perbaikannya yaitu berupa layout jetty tersebut, posisi tiang pancang yang rusak. untuk melakukan pemancangan tiang baru, concrete slab dari struktur jetty tersebut dibobok terlebih dahulu misalnya berukuran 1m x 1m atau berbentuk lingkaran berdiameter 1m. tulangan tulangan dari slab atau beam tersebut dapat di putus, tapi jangan dipotong untuk selanjutnya digunakan sebagai tulangan penghubung untuk pile cap dan slab yang baru. selanjutnya tiang pancang dipancang diarea tersebut. perlu anda perhatikan adalah ketika melakukan pemancangan, diharapkan jangan melakukan pemancangan dari atas Jetty, karna kemungkinan jetty tersebut tidak dirancang untuk mendukung beban carane. oleh sebab itu saya usulkan pemancangan dilakukan dari sisi laut. setelah selesai pemancangan, pile cap dapat dibentuk dan dicor. hubungan antara concrete yang lama dengan concrete yang baru perlu dilapisi dengan bahan SIKA dengan jenis SIKABON agar kekuatan hubungan atara concrete yang lama dengan concrete yang baru menjadi baik.

  95. Pak Deny,..
    Sesungguhnya saya perlu data untuk mengetahui tingkat kerusakan pile yang terjadi, berupa data lebar retak Pile, panjang retakan dan lokasi retakan terhadap pile cap. Jika masih mungkin untuk diperbaiki, maka langkah perbaikan yang perlu anda lakukan lakukan adalah dengan menggunakan STEEL JACKET. dua buah steel jacket setengah lingkaran dengan panjang steel jacket (panjang retakan + 2×30 cm pada kedua tepinya) digunakan untuk mengapit tiang pancang yang retak tersebut dimana kedua steel jacket setengah lingkaran tersebut dihubungkan dengan baut. selanjutnya bagian dalam sisi steel jacket digrouting.

    dengan data yang anda berikan tidak ada,
    Inilah usulan perbaikan yang dapat saya berikan.

  96. Dear pak L.Sinaga,

    Mohon bantuan info pak,
    Kami menghadapi situasi dimana suatu jetty ditabrak barge dan mengakibatkan retaknya beberapa concrete piles.
    Menurut pengamatan saya, concrete piles tsb harus diganti karena sudah tidak berfungsi secara struktural.
    Mohon informasi metode perbaikan yang harus kami lakukan.
    Terimakasih dan Salam


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 226 other followers

