Posted by: Sinaga | 23 May, 2008

Desain Turap Baja (Steel Sheet Pile)

Pekerjaan Pelabuhan terkadang tidak terlepas dari proses pembuatan Coverdam. Umumnya Coverdam ini dibuat dari Sheet Pile, sheet pile yang digunakan bisa dari material concrete maupun steel sheet pile. umumnya cara analisisnya sama hanya saja dalam desainnya berbeda berdasarkan jenis material yang digunakan. Tulisan ini saya ambil dari materi kuliah yang saya terima dari kampus saya di Jogjakarta. mungkin bagi anda yang ingin tau sedikit tentang urutan dan cara mendesign sebuah turap baja, maka tulisan ini mungkin bisa membantu Download Analisis desain turap

Responses

  1. halo pak sinaga..
    saya ada tugas untuk projekt master saya mengenai pembangunan tunel ..
    kami ber 4 satu tim dan saya mendapat tugas menghitung stell sheet pile untuk akses mobil dr kiri dan kanan tunel.
    kedalaman yg diminta adalah 22 m..
    spesifikasi tanah
    n +1 – n + 16 tanah liat ..
    n16- n20 pasir berlumpur
    n20-n23 pasir padat
    permukaan air tanah di ketinggian +18m..

    jalan di bawah tunel terletak di ketinggian +13,5 m

    pertanyaan saya
    1. bagaimana design ankur.. yg baik..
    ** pemasangan ankur sebaiknya sejajar atau memiliki sudut tangen k arah bawah.

    terimakasih

  2. Selamat siang Bapak, maaf bapak saya mau tanya untuk upah pemancangan steel sheet pile type IV untuk per meter nya berapa? terima kasih atas bantuan dan informasinya

  3. selamat siang pak,,,,,,,,,, bisa kah bapak memberi tahu perusahaan mana yang menjual steel sheet pile ????????

  4. selamat siang Pak, saya mau mencari sheet piles yang berukuran 600 X 380 x 12 x 9 mm dimana ya?

  5. selamat malam pak, saya mau minta dikirim analisa cara pemasangan sheet pile untuk penahan tebing sungai

  6. slmat siang pak saya mau tanyak, sya ad tugas akhir/skripsi saya mau tanyak rumus2 untk konstruksi sheet pile baja dan beton kalau tidak dimuka air, danjuga cara perhitungan biaya bagai mana mohon di infoya pak, atau krim ke alamat email saya : santocivil@yahoo.co.id trims

  7. pak saya pengen tau cara pelaksanaan konstruksi sheet pile, baik itu turap beton maupun turap baja, ? dan bgaimana cara perhtungannya, soalnya ada tugas kuliah mengenai konstruksi sheet pile, mohon diinformasikan ya pak, atau krim ke alamat email saya santocivil@yahoo.co.id,
    saya sangat membutuhkan ……… trims

  8. Dear All,

    Good Morning

    Naga Lautan99 Corporation :

    Our Company :

    We are always ready to serve all companies in Indonesia, in Asean, in Europe.

    Our Business :

    We offer cooperation in the manufacture of Water Tank Fabrication and Repair, Trailers, Fuel Tank.

    All Vessels of Various sizes as needed. We serve the implementation of the replacement of various types of gas pipes and the like.
    We serve the implementation of the installation of high voltage electrical panel and power cord. Mining Exploration and Mining Transportation.
    Coal Transportation Roads and Transportation. Freight forwarding, Cargo Handling Truck, Road Construction, Civil Construction, Oil Drilling Construction,
    Construction Port, Body Repair all ships, Warehouse Building Construction, Apartment Construction, Housing Construction, Water Boom Swimming Pool Construction,
    Installation Pipe all construction, Office of Building Construction. Parking Lot Construction, Highway Construction,

    ** We also Make New Ships of All Types and All Sizes :
    Mother Vessel Ship, Tug Boat Ship, Barge Ship, Crew Boat, Sailling Boat, Tanker Oil Ship, Patrol Boat, Breakbulk Container Ship, Jet Ski, LCT Ship.

    ** We also serve Container Shipping [Container 20 Feet and 40 Feet International] for All The World :
    {Dry Container 20 Feet & 40 Feet; Reffer Container 40 Feet; Open Top Container 40 Feet}

    ** Shipping For International to All World :
    Mother Vessel DWT 15 000 Tons, Mother Vessel DWT 22 000 Ton, Mother Vessel DWT 25 000 Ton,
    Mother Vessel DWT 30 000 Ton, Mother Vessel DWT 35 000 Ton, Mother Vessel DWT 40 000 Ton,
    Mother Vessel DWT 50 000 Ton, Mother Vessel DWT 60 000 Ton

    ** Shipping For Asia :
    Indonesia, Japan, Brunei Darussalam, Malaysia, China, Hongkong, Taiwan, the Philippines, Korea, Pakistan, Egypt, India, Sri Lanka, Singapore, Bangladesh, Myanmar,
    Cambodia, Vietnam

    ** Shipping For Europe and All The World :
    Netherlands, Brazil, Britain, Spain, Greece, Italy, Germany, France, Sweden, Switzerland, Mexico, Portugal,
    Belgium, Russia, Switzerland, the United States, Norway, Australia, Austria, Ireland, Canada, Costa Rica, Cameroon

    ** We are the Agency Domestic Shipping for Freight Chalter :

    Tug Boat + Barge 270 Feet Rumpdoor Sideboard
    Tug Boat + Barge 300 Feet Rumpdoor Sideboard
    Tug Boat + Barge 330 Feet Rumpdoor Sideboard
    Cargo Ship DWT 3500 Ton
    Cargo Ship DWT 5000 Ton
    Cargo Ship DWT 8000 Ton

    ** We Sell Coal Calories 6300 Kcal Reject Calories 6100 Kcal as much as 7000 Ton/ Month Until 35000/ Month

    We are open Monday to Friday at 08:00 am to 08:00 pm
    We are open Saturday from 8:00 am to 04:00 pm


    Thanks & Regards,

    (DITA NOVITA)
    Marketing Oficer & Customer Service
    Naga Lautan99 Corporation

    Facebook : http://facebook.com/nagalautan99
    Address : Karah Indah 2 Housing Block M 28 – M 29 1 & 2 Floor Surabaya 60232 East Java Indonesia
    Mobile Phone : 085706059401 & 082330040381
    Phone : (+62)-31-8270326 & (+62)-31-8283698
    Email : dita.novita@cvnagalautan99.co.id
    YM :ditanovita520@rocketmail.com

  9. dimana yg jual shite pile type w

  10. pak,bgmn teknis pelaksanaan steel sheet pile pada umumnya??.tolong d bantu pak.

  11. minta contoh soal tiang pancang grup

  12. pak sinaga saya sedang mencari bahan steel sheet pile untuk pekerjaan konstruksi. kalo boleh saya tau kira2 harga per satuannya brp ?

  13. asslmkum pak ..
    pak aku kn ru smster v pak
    kbtulan aku lasi diksh tugas dri dosen tuk menghitung turap beton dan baja pak..
    bapak bisa gax krim cntoh2 perhitungan turap beton n baja pak..
    jika ada tolong kirimke alamt email sya y pak..( bowoaidilfitra@yahoo.com )
    mksih y pak sblum nya..
    wasslam.

  14. assslmkum pak..
    pak bisa mnta tlong gax?
    aku ru semester 5 pak tp lgi mnjalani tugas dri dosen mnghitung turap beton dan baja..
    bisa gax, bpak krim contoh2 perhitungan turap pak..jika ada tlong krim di almat email aku y pak..( bowoaidilfitra@yahoo.com)
    makasih y pak sbelum nya..

  15. horas pak……..mohon informasi dalam perhitungan desain turap ada pembatasan panjang batang angkur dibatasi 12 – 15 m,mohon penjelasan pak ? karena barusan turap kami roboh dg desain angkur 20 meter

  16. pak.. z punya tugas dr kampus,,,
    disuruh nyari artikel tentang ccsp…
    bleh dijelaskn sdikit g???

  17. saya baru saja mendownload cara perencanaan turapnya, ernyata sama persis dengan tugas fondasi dlam ketika saya kuliah di jogja dulu. saya sudah merasa ada yang janggal sejak mengerjakan tugas itu dulu, perhatikan ketika mencari momen maksimum yang bekerja pada turap, mengapa kiata memakai persamaan momen kesetimbangan dititik angker??? persamaan tersebut untuk mencari kedalaman pemancangan angker, bila kita menurunkan persamaan tersebut dan menyamadengankan turunannya sama dengan nol maka akan mendapatkan nilai x. pertanyaannya k0 titik pada kedalaman x itu bisa dianggap titik pada turap dimana dia mengalami momen maksimum? bukanya dari rumus yang diturunkan berarti titik x itu merupakan titik seberapa dalam sheet pile dipancang sehingga menghasilkan momen maksimum pada angker, ingat persamaan yang dicari nilai maksimumnya merupakan persamaan momen pada angker, jadi hasil yang didapatkan dengan cara itu adalah bukan titik dimana momen maksimum terjadi melainkan titik sberapa dalam sheetpile dipancang sehingga menghasilkan momen maksimum pada angker. sebenarnya untuk mencari dimana titik pada sheetpile yang trjadi momen maksimum tidak perlu pakai cara seperti itu, caranya sebenarnya cukup sederhana, yaitu titik dimana diagram gaya gesernya sama dengan nol, disitulah terjadi momen maksimum

  18. om, kalo RAB dan AHS coverdam yang steel sheet pile itu harganya gmna?
    secara umum tuh saya kurang ngerti dari harganya berapa, koefisiennya berapa..
    tolong penjelasannya om..
    terima kasih.

    regards,
    grandy

  19. Permisi Pak Sinaga, maaf nih numpang iklan yah..
    Sekedar untuk teman2 yang sulit mencari steel sheet piles.
    Kalau mau tanya2 dahulu juga boleh, kami bisa memberikan advise juga.

    Apabila membutuhkan steel sheet piles, kami menyediakan berbagai jenis produk steel sheet piles yang dapat dipilih.

    Skema transaksi yang ditawarkan pun bermacam – macam, mulai dari beli, sewa, dan kami juga melayani buyback.

    Silahkan menghubungi kami di

    PT. ORIENTAL SHEET PILING
    Graha Iskandarsyah lt. 6
    Jl. Iskandarsyah Raya No. 66 C
    Kebayoran Baru – Jakarta Selatan 12160
    Telp : 021-7206890 / 2702388
    Fax : 021-7230882

    Up. William / Bun Lipki
    Email. william.santoso@orientalsheetpiling.com
    bun.lipki@orientalsheetpiling.com

  20. Pak Sinaga, saya mau tanya bagaimana pelaksanaan anchor dilapangan dalam metode sistem modular. Mohon penjelasannya..Jika ada referensi bapak mohon di kirim ke email saya. Terima Kasih.

  21. salam kenal Pak,,senang bisa brkunjung ke blog ini..mau nanya apa bedanya pemanfaatan steel sheet pile sama steel sheet wall…terima kasih banyak sebelumnya Pak,,suksess yaa..

  22. halo…
    ada yang tau metode pelaksanaan perkuatan galian steel sheet pile dengan kondisi free standing?
    Thanks

  23. pak sinaga , klo boleh sharing , kami rencana dapat pekerjaan proyek reklamasi yang pakai SSP dan offshore , apakah ada perusahaan yang biasa kerjakan ini , mohon refenrensinya , dan apakah instalasi sambungan nya pakai sistem las , dan pemasangannya pakai mesin diesel hammer yang sama seperti pile ,
    terimakasih , salam
    teddy .

  24. Halo Bang Naga, saya mau nanya bang..dalam analisis stabilitas dasar galian strutted steel sheet pile jika dasar galian aman (SF>1,5) maka sheet pile tidak perlu dipancangkan dibawah dasar galian..apakah kondisi perkuatan tersebut aman, Bang? dan jika aman adakah syarat/kondisi tertentu untuk menentukan jarak strut terbawah dengan dasar galian? dan bagaimana meode pelaksanaanya, Bang? Terimakasih.. (Maaf,Bang terlalu banyak pertanyaannya :))

  25. pak adakah contoh perhitungan sheet pile beton trims. kalo bisa kirim ke email saya gudangwin@yahoo.com. trims lagi.

  26. Bang Sinaga, saya punya tugas mengerjakan turap sheet pile. panjang turap lebih kurang 400 m. Boleh menggunakan Corrugated Concrete Sheet Pile atau Steel Sheet Pile. Yang menjadi masalah, tanah tempat akan dibangun turap tersebut merupakan tanah rawa dengan kedalaman lumpur hingga mencapai puluhan meter dengan kemiringan tanah lebih kurang 5 hingga 10 derajat berada di sisi sungai. Karena tanah berupa lumpur liat jadi cendrung terus bergerak perlahan ke arah sungai. Sebagai gambaran saat pemancangan dermaga menggunakan steel pipe pile ukuran 16″ x 12 m, tiga sambung pipa masih sangat gampang masuknya.
    Sedangkan sepengetahuan saya corrugatet concrete sheet pile paling panjang adalah 21 m itupun yang W-600.
    Sedangkan steel sheet pile kita pernah coba dengan kedalaman turap 24 m dengan penjangkaran. Akan tetapi terjadi kemiringan turap karena pos angkurnya tidak mampu menahan tekanan tanah dari sisi dalam. Pos angkur yang digunakan adalah steel pipe pile ukuran 14″ x 24 m setiap jarak 10 m.
    Tolong bang Naga beri petunjuk penjangkaran yang baik untuk turap di lokasi seperti di atas kalau ada sketsa penjangkarannya. Terima kasih sebelumnya, Bang Naga,… Horas!

  27. Pak, saya membutuhkan keterangan tentang turap berjangkar. Jangkar adalah jangkar miring tiang tekan (tie back anchor). Bagaimana perhitungan untuk jangkar miring pada turap jika digunakan lebih dari satu jangkar? Dan bagaimana pembagian gayanya perangkur karena untuk 1 angkur hanya Far=Pa-Pp

  28. o ya pak , kirim ja contoh so’al dan teorinya itu kalau bisa ya pak !!!
    tolong kirim ke e_mail saya dong pak ,,,
    gestin_led@yahoo.com
    tu e_mail saya pak !!!

  29. salam pak , saya lagi ngerjain skripsi tentang turap ni pak !!!
    so’alnya merencanakan senuah turap beton tulangan !!!
    mendisain dimensinya , trus nyari Kp Ka , momen , banyak lagi pak !!!
    bisa bikin contoh so’al kyk itu g’ pak !!!
    penting ni pak !!!
    kalau g’ siap pertengahan november ni gawat pak !!!

  30. anda bisa memodelkan beban kendaraan tersebut sebagai beban garis, atau beban merata equivalen searah dgn turap tersebut.

  31. salam kenal pak
    mau nanya bagaimana menentukan beban mobil pada kasus turap yang disampingnya ada jalan, q = dari beban mobil gmna cara menentukannya
    terimakasih banyak pak

  32. salam knal saya anak civil 08 bang kayak nya kalo rumus2 teknik di taroh di web ini bgus deh bang trism…

  33. Salam hormat;thanks atas info tentang jembatannya. sekarang saya mohon info desain turap yg ekonomis untuk alur sungai kalimantan ( kondisi rawa/lumpur) dibandingkan ccsp maupun ssp

  34. Halo Bang Sinaga,

    Salam kenal saya Irwan, saya sudah download artikel tentang steel sheet pile, kalau boleh minta tolong, saya mau minta tabel larssen, apakah bapak punya?atau kalau mau beli, beli dimana ya?terima kasih

  35. saya mohon penjelasan bapak tentang design sheet pile pada pekerjaan reklamasi pantai plus angkurnya ya pak, terimakasih

  36. Untuk mendesain proteksi katodik untuk Sheet Pile, kami siap melayaninya Pak.

    Hubungi: Mr. Karyanto Herlambang di
    (021) 788 41 462 ext 112.

  37. Bang Sinaga, bisa minta tolong dimana saya bisa dapatkan katalog dan harga dari Steel pipe pile, steel sheet pile, concrete spun pile dan concrete sheet pile. Terima kasih sebelumnya Bang!

    @Arlan….Untuk stell pipe pile dan steel sheet pile, anda bisa Hubungi
    Oriental sheet piling
    Graha iskandarsyah, 6th floor
    Jl. Iskandarsyah Raya no 66.c
    Kebayoran baru jakarta selatan
    +6221-2702388, +6221-2706890

    Untuk Spun pile dan corrugated sheet pile, anda bisa hubungi
    KOBE (PT. Komponindo Beton Jaya)
    Jl. Raya cikarang – Cibarusan No.99, Lemah abang bekasi.
    +6221-8975558

    atau ke Wika beton, PT. Hume sakti indonesia.
    Biasanya Jika proyeknya sudah jelas, dan ada kotrak kerjasama maka mereka akan memberikan kataloqnya. tetapi jika kita hanya untuk bertanya tanpa ada proyek yg pasti, maka mereka tdk akan memberikannya, karena itu merupakan kebijakan perusahaan.

  38. Bang Sinaga, bisa minta tolong dimana saya bisa dapatkan katalog dan harga dari Steel pipe pile, steel sheet pile, concrete spun pile dan concrete sheet pile. Terima kasih sebelumnya Bang!

  39. Bang sinaga, saya mo minta tolong ni, saya d suruh ngedisain turap u/ dinding penahan lereng yg longsor….semua contoh yg ada d buku saya turapnya ada muka air tanahnya. sedangkan kondisi lereng saya tidak ada muka air tanahnya….saya bingung menentukan rumus2 apa yg harus saya gunakan, karena sewaktu kuliah d teknik sipil dulu, saya memang lemah d mekanika tanah dan struktur??tolong bantuannya ya bang…

    @butet itu sangat sederhana sekali. jika kasus anda tidak ada muka air tanahnya,..maka dalam analisis tekanan akibat air tanahnya jgn diikutkan..yg perlu anda hitung adalah akibat tekanan tanahnya saja, sesuai dgn ketebalan lapisannya masing2 dan sesuai dgn parameter tanah dari masing2 lapisan tersebut.

  40. Bang sinaga, saya mo minta tolong ni, saya d suruh ngedisain turap u/ dinding penahan lereng yg longsor….semua contoh yg ada d buku saya turapnya ada muka air tanahnya. sedangkan kondisi lereng saya tidak ada muka air tanahnya….saya bingung menentukan rumus2 apa yg harus saya gunakan, karena sewaktu kuliah d teknik sipil dulu, saya memang lemah d mekanika tanah dan struktur??tolong bantuannya ya bang…

  41. dapat tugas dari dosen mata kuliah Rekayasa Pondasi,,
    cari tau tentang sheet pile,,..
    terus kemudian dijelaskan,,kayak makalah..
    ada nggak makalah tentang sheet pile???
    yang bisa jelasin semua tentang sheet pile…
    thx
    Gb…

  42. @william,..saya kenal dgn perusahaan ini, kalo tidak salah pak suyanto pernah datang ke kantor kami Rinkai Construction, Co., Ltd.

  43. @arlan,..jika kondisi tanah sangat labih sampai dgn 100 m,..saya berpendapat bahwa biaya tuk pekerjaan dermaga tersebut akan sangat mahal (pengalaman saya selama bekerja di proyek dermaga, panjang tiang pancang yg terpanjang yg pernah kami lakukan adalah 65 m (Pelabuhan Dumai 2007).. tetapi saya msh perlu melihat data soil investigasinya,..sejauh mana kondisi tanah dilokasi tersebut. jika anda punya data tanah nya,..tolong anda kirimkan ke email saya,..elsenaga@yahoo.com)

  44. Salam kenal bang Sinaga, saya berterima kasih sekali atas informasi desain turap sheet pile ini. Kebetulan saya bekerja di salah satu perusahaan yang mempunyai banyak dermaga dengan kapasitas besar untuk kapal-kapal besar. Saat ini membutuhkan desain dermaga untuk perbaikan dermaga yang sudah mulai dimakan usia. Sebagai informasi: lokasi di muara sungai dengan kedalaman ujung dermaga 13 m dari permukaan pasang tertinggi, pasang surut cukup deras dengan selisih pasang tertinggi dan surut terendah sekitar 5 m. Kondisi tanah sangat labil (lumpur kental) dengan kedlaman hingga mencapai 100 m (seratus meter).
    Mohon saran bang Sinaga untuk mengganti dermaga tersebut dengan dermaga yang baru.

  45. Dear Pak Sinaga,
    Saya dari Perusahaan Oriental Sheet Piling, perusahaan yang bergerak khusus di bidang steel sheet piles. Kalau boleh tahu, apakah saya bisa mendapat contact Bapak untuk bertanya mengenai desain – desain yang menggunakan Turap Baja…?

    Terima kasih…

  46. @iiksan,..!!, jika muka air ternyata tingginya fluktuatif, Didesain berdasarkan kondisi yg paling kritis. (kondisi surut terendah di analisiss, demikian juga saat kondisi fluktuasi air tinggi). mana yg paling kritis, itu yg dipakai.

  47. salam kenal pak elsinaga..
    kebetulan banget ketemu blog ini..perkenalkan nama saya iksan, mahasiswa sipil. saya mau tanya pak, bagaimana desain perhitungannya jika muka air ternyata tingginya fluktuatif..pengaruhnya apa ya pak didalam perhitungannya.

    trims

  48. @ yhougam, Salam kenal jg,..!! Sukses buat kuliah anda,…!!

  49. bapak teksip UGM ya? angkatan berapa pak? saya angk 07, saat ini saya juga sedang mengerjakan soal turap persis dengan bapak sediakan di blog ini.. Terima kasih ya Pak.. ^^ Salam kenal..

  50. Horas Bpk L. Sinaga

    Bisa minta penjelasan tentang metode kerja pemasangan Pipa dia. 3200 mm pada kedalaman -4.000m bawah tanah?
    saya kesulitan dalam menginstall pipa sesuai center line galian.
    amankah melepas strating bawah pada saat install Pipa. karena saya menggunakan SSP untuk menahan tekanan tanah. kalau tidak aman apa yang bisa dibuat sebagai pengganti strating dasar galian tsb? tks

  51. Dengan hormat,
    Dapatkah abang membantu saya menghitung section modulus dan moment of inertia dari design steel sheet pile armtec canada http://armtec.com/catalogue/Soil_Strengthening_and_Retention/Sheet_piling.pdf

    Untuk ketebalan plat 8mm karena dalam katalog tersebut ketebalan plat mereka max 4.2mm

    Sekali lagi mohon dapat memberikan saya pencerahan paling tidak berkenan menunjukkan saya jalan yang lurus untuk mendapatkan nilai section modulus dan moment inertia steel sheet pile dengan tebal plat baja 8.0mm

    Horas

  52. justru semakin besar nilai kohesi (c) tanah, maka akan semakin mengurangi nilai tekanan tanak aktifnya. dengan demikian bukannya hal tersebut semakin bagus,..??.. tetapi saya tidak bisa langsung mengatakan seperti itu, karna kasus yang anda berikan hanya sekedar wacana, tanpa ada data yang konkrit. jadi sebaiknya,.. anda boleh kirim data kasusnya seperti apa dulu sehingga saya bisa mempelajari kasusnya dulu ke elsenaga@yahoo.com.

    anda mengataka: “kalo misalnya tekanan tanah efektif di atas dasar galian nilainya minus”. pertanyaan saya, apakah cara perhitungan anda sudah benar??,.. saya juga tidak bisa menghitungnya karna data nya jg tidak ada. sebaiknya teliti dulu apakah cara perhitungan yg km buat sudah mengikuti aturan yg ada.

  53. atau ada referensiya gak yang bisa abang kasih, soalnya otak aku dah mentok ini bang! kalo misalnya tekanan tanah efektif di atas dasar galian nilainya minus bagaimana solusinya ?
    kalo kita mau menghitung nilai momen biasanya hanya dikasih rumus momen maksium, kalo kita mau menghitung nilai momen untuk setiap kedalaman gimana bang! (NB : untuk kasus saya ini Cantilever sheet pile)

  54. terima kasih bang atas jawabannya.
    tapi masalahnya nilai kohesinya terlalu besar bang, untuk tekanan tanah diata garis keruk, tekanan tanah aktif minus. solusinya gimana ya ?…..

  55. horas juga,.. mungkin (lamda itu masksud anda, gamma atau berat jenis tanah).
    kalo ada nilai kohesi tanah, maka nilai kohesi tersebut dapat mengurangi nilai tekanan tanah lateral sebesar 2.C.Ka^0,5. jadi dengan data data yang anda berikan, maka tekanan tanah lateralnya yaitu: 0.5*gamma*h^2-2.C.Ka^0,5.
    jangan lupa nilai H itu di kuadratkan..

  56. selamat sore bang sinaga… Horas

    aku lagi bingung nih bang. (maybe otakku kurang encer kali ya)…

    aku lagi ada tugas kuliah desain sheet pile pada tanah yang kohesif. seingat aku untuk tanah kohesi
    intensitas tekanan tanah (pa) = lamda*h- 2*c*sqrt(ka) –> pertanyaanya bang kalo angka kohesinya besar (lamda = 15.56 dan c=48.84) intensitasnya jadi minus setinggi dredge line, solusinya gimana bang untuk tanah yang kohesinya besar, kalo bisa abang punya referensi design-nya ??

    Horas

  57. Terima kasih atas penjelasannya! Saya tunggu tulisan-tulisan Bapak selanjutnya.
    Sekali lagi, terima kasih!!!

  58. dalam memilih jenis Sheet pile,..tidak ditentukan berdasarkan jenis tanah nya, tetapi berdasarkan analisis tegangan yang bekerja yg mampu didukung oleh sheet pile tersebut. Tegangan yang bekerja pada sheet pile tersebut,..dipengaruhi oleh beban-beban dan gaya gaya yang bekerja akibat beban luar dan akibat tekanan tanah itu sendiri. tekanan tanah itu sendiri dipengaruhi oleh elevasi dan data2 dari tanah tersebut.

    selain itu, dalam menentukan jenis type dari sheet pile yg digunakan, juga dipengaruhi oleh panjang dari sheet pile tersebut yg bisa untuk difabrikasi. ada kalanya dari hasil desain misalnya Concrete Corrugated sheet pile type W350 sudah mampu untuk mendukung tegangan2 yg bekerja,..tetapi panjang yg dibutuhkan dilapangan harus 18 meter.
    nah, sekalipun hasil desain sudah cukup, tetapi CCSP type W350 tersebut tidak bisa digunakan karena maksimum panjang CCSP type W350 yg bisa difabrikasi adalah 15 meter.

    kenapa CCSP type W 350 itu difabrikasi maksimum hanya 15 meter,..?? alasannya adalah tingkat kelangsingannya dalam hal lifting (pengangkatannya).
    semoga informasi ini bisa membantu.

  59. minta tolong mas…, pada kondisi tanah apa saja, sheet pile tipe W 350?

  60. saya kira marwadi sudah harus terbiasa dengan perhitungan tersebut. misalnya saya kasi contoh yang dalam Tabel: Untuk nilai Ea1: perhitungannya adalah: Ea1=q.h.ka (nilai h dan ka tergantung dari lapisan tanah yg ditinjau). jadi [Ea1=10x4x0.25=10], untuk [Ea2=1/2 * gamma x h^2 *ka1] = [ 0.5*18.8*4^2*0.25= 37.6]

    demikian seterusnya,…sesuaikan dengan data-data dari lapisan tanah yang ditinjau.
    semoga bisa membantu..

  61. Sewaktu saya membaca file design-turap1.pdf yang saya download di blog ini. Ada variabel Ea dan Ep. Menurut keterangan di atas tabelnya, kayaknya Ea adalah gaya akibat tekanan tanah aktif dan Ep adalah gaya akibat tekanan tanah pasif. Yang saya ingin tanyakan, bagaimana cara menghitung nilai Ea dan Ep yang ada pada tabel tersebut?
    Terima kasih atas jawabannya!!!

  62. Ea & Ep yang bapak maksud apanya??…karna dalam teknik,..kadang2 variabel itu bebas kita tentukan…jd tolong lebih spesikik lg Ea & Ep yg bapak maksud itu apa??,..apakah modulus,..atau apa..??

  63. kalau kita mendesain suatu tiang pancang,..baik berupa spun pile,steel pipe pile maupun sheet pile,..tentunya dalam pemodelan struktur,..kita harus menentukan letak titik jepit tiang dalam tanah yg sering disebut Fixed end method,..tetapi bukan berarti letak titik jepit tiang tersebut merupakan tip pile,..atau ujung tiang yg sesungguhnya..hanya saja dalam analisis pemodelan struktur,..kita mengasumsikan bahwa perilaku pile tersebut adalah jepit pada kedalaman tertentu..untuk menghitung seberapa dalam ini merupakan fungsi dari data tanah dan data pile itu sendiri. istilah ini sering disebut (satu per beta) atau se per beta.

  64. Marwadi,..Nilai kohesi (C) tidak berpengaruh terhadap nilai Ka dan Kp,..tetapi nilai kohesi (C) tersebut berpengaruh terhadap tekanan tanah. nilai kohesi (C) tanah mengurangi tekanan tanah itu sendiri,.sebesar 2C,Ka^1/2… setiap lapisan tanah yang mengandung nilai kohesi (C),..tetap diperhitungkan bahwa kohesi tanah tersebut mengurangi nilai tekanan tanah lateral..

  65. Apakah Fixed End Method sama dengan cara perhitungan Fixed Earth Support?
    Bagaimana caranya kita menentukan kapan harus menggunakan metode Fixed dan kapan harus menggunakan metode Free di lapangan? Apakah hanya berdasarkan asumsi kita saja?
    Sekali lagi atas jawabannya, saya ucapkan Terima kasih!!!

  66. Apakah nilai Kohesi (C) berpengaruh pada perhitungan Ka dan Kp?
    Bagaimana pula perhitungannya jika kondisi tanah I adalah pasir murni (tidak ada nilai C-nya) dan tanah II adalah lempung murni (hanya ada nilai C-nya)?

  67. Boleh tidak saya nanya, bagaimana cara mencari nilai Ea dan Ep? Rumus apa yang mesti saya gunakan? Terima kasih!!!

  68. Bang Sinaga yth;

    Kalau boleh saya memerlukan Buku tuntunan atau diktat desain Jembatan , mulai dari Pondasi (Pancang dan Borpile) sampai selesai serta perhitungan komplit, yang kiranya saya dapat pahami dengan mudah. mohon informasi alamat abang dan no Tlp nya Terima kasih atas kerja samanya.

  69. Bang Sinaga,

    Boleh saya diajari design Fender Breasting Jetty? kebetulan saya ada proyek refurbishment bresting jetty yang damaged akibat benturan kapal.
    punya contoh2 hitungan, dan designnya ka?

    terimakasih
    Hananto

  70. Pak Sinalga
    saya skrg ini sementara kerja pemasangan Turap Panjang 75 M, Tinggi 30 M. dengan kondisi kemiringan 60 Derajat. dengan rencana pembuatan 5 trap (cascade), rata2 4 m’/trap.
    Posisi skrg sdh pada tahap rencana trap ke 3, namun sekarang saya msh bingung untuk pelaksanaan dilapangannya karena di posisi trap ketiga ini saya harus membuat turap pasangan batunya diatas tanah timbunan…!
    Pertanyaan saya : mohon petunjuk kalo bisa design kontruksinya sekalian untuk pembuatan turap pasangan batu diatas tanah timbunan, Thank’s

  71. Pak elsinaga
    Kalau untuk desain CCSP kira2 prosedur perhitungannya gimana ya? apakah masih sama dengan contoh desain di atas.
    Saya memerlukannya untuk digunakan pada desain proteksi tebing sungai.
    Kemudian apa bisa saya minta scan buku literaturenya? atau mungkin download link untuk kebutuhan literature tersebut.. trms atas bantuannya

  72. Seandainya Pak Sinaga punya data perencanaan dan foto pelaksanaan pemasangan turap tersebut seperti pelabuhan atau yang lainnya. Sudi kiranya memberikan bagi kami. Terima kasih

  73. kalo ada pertanyaan, munkin ada penjelasan. saya juga tidak mengerti penjelasan seperti apa yang arif butuhkan.

  74. Pak william, saya tidak bisa mengatakan kalau concrete sheet pile selalu lebih baik dari steel sheet pile, karena itu bukan matematika linier. karna faktor-faktor yang saya sebutkan sebelumnya sangat menentukan pemilihan material sheet piles. terutama kondisi tanah dari daerah proyek tersebut.

  75. saya minta penjelasan tentang tata cara desain turap (sheet pile) pada perencanaan pelabuhan

  76. Saya sudah mempelajari beberapa tentang steel sheet piles, tetapi yang saya temukan adalah keunggulannya. Mungkin harga material baja sendiri memang mahal dibanding concrete, tetapi dilihat dari total cost nya, baja menjadi lebih murah dan bisa memberikan feed back yang lebih cepat untuk owner.

    Namun yang saya heran kenapa para contractor dan pemerintah di Indonesia ini lebih senang dengan concrete?

  77. Terima kasih banyak pak atas masukannya…
    Berarti secara umum bisa dikatakan concrete sheet pile lebih baik daripada steel sheet pile…?

    terus terang saya tertarik mempelajari penggunaan steel sheet piles sebagai basement…Saya melihat dari website luar negeri, dan belum pernah menemukannya di Indoensia…

  78. Biasanya pemilihan antara corrugated concrete sheet pile (CCSP) dengan steel sheet pile (SSP)ditentukan dengan beberapa faktor yaitu:
    1. faktor prtama adalam masalah harga, CCSP lebih murah dari SSP
    2. faktor ketersediaan material di daerah setempat
    3.faktor kondisi tanah. untuk CCSP, ukuran terbesarnya adalah W-600, dimana panjang maksimumnya hanya 21 m, sedangkan SSP bisa lebih panjang dari 21 m. jadi untuk tanah yang sangat lunak dimana tanah kerasnya lebih besar dari panjang maksimum CCSP, mau tidak mau harus menggunakan SSP tetapi jika tanah kerasnya pada kedalaman yang lebih kecil dari panjang CCSP maka disarankan memakai CCSP karena lebih murah.
    4. faktor ketersediaan alat
    5. faktor umur design, biasanya untuk umur design yang lama, misalnya > 30 tahun disarankan menggunakan CCSP jika panjangnya memungkinkan, karena jika menggunakan SSP fator korosi sangat menentukan ketebalan SSP design, hal ini membuat harganya sangat mahal.

  79. kebanyakan di indonesia memakai concrete sheet piles dibanding steel sheet piles…Sedangkan di luar begeri kebanyakan pakainya steel sheet piles….Mengapa bisa terjadi yah pak…?

  80. Penjelasan seperti apa? karna saya tidak tau apa yang kamu tidak tau. lebih baik kamu bertanya apa yang tidak kamu tau baru saya coba bantu.

  81. minta penjelasan tentang steel sheet pile..urgent


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 221 other followers

